Keefektifan Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) dan Pendekatan Discovery. Ditinjau dari Prestasi belajar, Kemampuan Berpikir Kritis, dan Kecemasan Matematika Siswa Kelas X SMA.

Prasetyawan, Enggar (2016) Keefektifan Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) dan Pendekatan Discovery. Ditinjau dari Prestasi belajar, Kemampuan Berpikir Kritis, dan Kecemasan Matematika Siswa Kelas X SMA. S2 thesis, UNY.

[img] Text
Tesis_ENGGAR PRASETYAWAN_14709251007.swf

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) keefektifan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) dan Discovery ditinjau dari prestasi belajar, kemampuan berpikir kritis, dan kecemasan matematika, dan 2) perbedaan keefektifan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) dan pendekatan Discovery ditinjau dari prestasi belajar, kemampuan berpikir kritis dan kecemasan matematika. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen semu atau quasi experiment. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 2 Ngaglik, Kabupaten Sleman, semester dua tahun ajaran 2015/2016. Sampel penelitian ini diambil dua kelas secara acak sehingga diperoleh kelas X MIA 4 dan X MIA 2. Pada kelas X MIA 4 diberikan perlakuan berupa pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) dan kelas X MIA 2 diberikan perlakuan berupa pendekatan discovery. Instumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah tes prestasi belajar berupa soal pilihan ganda yang terdiri dari 20 butir soal, tes kemampuan berpikir kritis berupa soal uraian yang terdiri dari 4 butir soal, dan angket kecemasan matematika yang terdiri dari 32 butir pernyataan, dimana ketiga instrumen diberikan sebelum dan sesudah perlakuan. Pengujian keefektifan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) dan pendekatan discovery dilakukan dengan uji one sample t-test. Pengujian perbedaan keefektifan antara pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) dengan pendekatan discovery dilakukan dengan uji MANOVA (Hotteling‟s Trace). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) dan discovery efektif ditinjau dari prestasi belajar, kemampuan berpikir kritis, dan kecemasan matematika, dan 2) tidak terdapat perbedaan keefektifan antara pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) dan discovery ditinjau dari prestasi belajar, kemampuan berpikir kritis, dan kecemasan matematika.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL), pendekatan discovery, prestasi belajar, kemampuan berpikir kritis, kecemasan matematika
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 11 Oct 2016 03:29
Last Modified: 09 May 2019 07:43
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/42196

Actions (login required)

View Item View Item