Evaluasi Penerapan Information Technology dan Communication (ICT) dalam Pelaksanaan Pembelajaran IPA pada K13 di SMP Kota Yogyakarta dengan Tema Tata Surya.

Hapsari, Septiana Indri (2016) Evaluasi Penerapan Information Technology dan Communication (ICT) dalam Pelaksanaan Pembelajaran IPA pada K13 di SMP Kota Yogyakarta dengan Tema Tata Surya. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-septiana-indri-hapsari-14708251060.swf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) kesiapan guru dalam menerapkan ICT dalam pembelajaran IPA, (2) tingkat kesesuaian penerapan ICT dalam pelaksanaan pembelajaran IPA, (3) tingkat ketuntasan belajar peserta didik setelah penerapan ICT dalam pembelajaran IPA. Model penelitian yang digunakan dalam penelitian evaluasi ini adalah Countenance Stake. Penelitian ini difokuskan pada penerapan ICT meliputi persiapan penerapan ICT; pelaksanaan penerapan ICT dalam kegiatan pendahuluan, kegiatan inti, kegiatan penutup, dan kegiatan penilaian; serta hasil belajar peserta didik. Populasi dalam penelitian ini adalah guru IPA dan peserta didik kelas VIII di SMP Kota Yogyakarta yang menerapkan K13. Responden yang terlibat dalam penelitian ini adalah guru IPA dan peserta didik di SMP Kota Yogyakarta yang terdiri dari SMPN 5, SMPN 8, SMPN 15, dan SMP Pangudi Luhur 1 Yogyakarta. Instrumen pengumpul data yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket guru, angket peserta didik, lembar observasi, pedoman wawancara, dan checklist dokumen. Data hasil penelitian di analisis menggunakan pendekatan kuantitatif dan kualitatif. Analisis kuantitatif dilakukan dengan t-score. Analisis kualititif dilakukan dengan mendeskripsikan. Hasil penelitian dalam pembelajaran IPA SMP di Kota Yogyakarta dengan tema tata surya menunjukkan bahwa: (1) persiapan guru dalam menerapkan ICT masih belum siap dan belum maksimal, (2) kesesuaian penggunaan ICT dalam proses pembelajaran terkategorikan cukup baik, didukung oleh hasil temuan bahwa pada tahap pendahuluan rata-rata kesesuaian penggunaan ICT mencapai 48,74 %, pada kegiatan inti mencapai 53,21%, pada kegiatan penutup mencapai 47,20%, dan pada kegiatan penilaian mencapai 36,74% dari rentang 56-68%, (3) hasil belajar peserta masih kurang memuaskan, hal ini didukung dengan tingkat ketuntasan belajar peserta didik 62,72% dari standar normal 70%.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Evaluasi, ICT, Pembelajaran IPA
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Ilmu Pengetahuan Alam
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 11 Oct 2016 02:48
Last Modified: 09 May 2019 07:43
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/42193

Actions (login required)

View Item View Item