PENGARUH LATIHAN KELINCAHAN-LATIHAN KECEPATAN TERHADAP KEMAMPUAN MENGGIRING BOLA SISWA PESERTA EKSTRAKURIKULER FUTSAL DI MTS N 2 YOGYAKARTA

Subandi, Bagas Wahyu Prasetyo (2016) PENGARUH LATIHAN KELINCAHAN-LATIHAN KECEPATAN TERHADAP KEMAMPUAN MENGGIRING BOLA SISWA PESERTA EKSTRAKURIKULER FUTSAL DI MTS N 2 YOGYAKARTA. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
skripsi.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Berdasarkan survei yang dilakukan peneliti, penguasaan teknik menggiring bola pada siswa peserta ekstrakurikuler futsal di MTS N 2 Yogyakarta belum maksimal. Banyak pemain cenderung melakukan kesalahan-kesalahan mendasar dalam menggiring bola, seperti jarak kaki dan perkenaan kaki yang terlalu jauh. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh latihan kelincahan, latihan kecepatan terhadap kemampuan menggiring bola pada siswa peserta ekstrakurikuler futsal di MTS N 2 Yogyakarta. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen dengan desain penelitian menggunakan Randomized Pretest Posttest Control Group Design. Instrumen berupa tes Dribbling Bobby Charlton. Subjek penelitian adalah siswa peserta ekstrakurikuler futsal di MTS N 2 Yogyakarta sebanyak 24 anak. Teknik analisis data menggunakan uji hipotesis dengan analisis uji-t (paired sample t-test). Berdasarkan hasil penelitian pada kelompok eksperimen diperoleh nilai t hitung (10,349) > t tabel (2,201), diartikan ada pengaruh latihan kelincahan-latihan kecepatan terhadap kemampuan menggiring bola siswa peserta ekstrakurikuler futsal di MTS N 2 Yogyakarta. Berdasarkan hasil pada kelompok eksperimen tersebut dapat diambil kesimpulan untuk penelitian ini yaitu ada pengaruh latihan kelincahan-latihan kecepatan yang signifikan terhadap kemampuan menggiring bola siswa peserta ekstrakurikuler futsal Di MTS N 2 Yogyakarta.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: latihan kelincahan-latihan kecepatan, kemampuan menggiring bola, siswa MTS N 2 Yogyakarta
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi (PJKR)
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 12 Oct 2016 01:54
Last Modified: 30 Jan 2019 11:17
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/42191

Actions (login required)

View Item View Item