PENGETAHUAN TENTANG CEDERA, PENCEGAHAN DAN PERAWATAN CEDERA SISWA KELAS ATAS SD N 2 BUGISAN PRAMBANAN KLATEN TAHUN 2016

Haryanto, Debi Dwi (2015) PENGETAHUAN TENTANG CEDERA, PENCEGAHAN DAN PERAWATAN CEDERA SISWA KELAS ATAS SD N 2 BUGISAN PRAMBANAN KLATEN TAHUN 2016. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
DEBI DWI HARYANTO(12604224029).pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan pendidikan jasmani yang berisiko menimbulkan cedera dan tidak adanya materi pencegahan dan perawatan cedera di buku pegangan siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan Pengetahuan tentang Cedera, Pencegahan dan Perawatan Cedera Siswa Kelas Atas SD N 2 Bugisan Prambanan Klaten Tahun 2016. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan menggunakan metode survei, instrumen berupa tes pilihan ganda. subjek dari penelitian ini adalah seluruh siswa SD N 2 Bugisan Prambanan Klaten dari kelas IV yang berjumlah 15 anak, kelas V berjumlah 12 anak, dan kelas VI berjumlah 16 anak dengan total keseluruhan berjumlah 43 siswa. Teknik analisis data yang digunakan dalam menganalisis yaitu teknik statistik deskriptif dengan persentase. Berdasarkan dari penelitian dan pembahasan diperoleh hasil, kategori sangat tinggi sebanyak 4 siswa (9,3%), kategori tinggi sebanyak 7 siswa (16,3%), kategori sedang sebanyak 22 siswa (51,2%), kategori rendah sebanyak 8 siswa (18,6%), kategori sangat rendah sebanyak 2 siswa (4,7%). Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa Pengetahuan tentang Cedera, Pencegahan dan Perawatan Cedera Siswa Kelas Atas SD N 2 Bugisan Prambanan Klaten Tahun 2016 termasuk dalam kategori sedang dengan persentase sebesar 51,2%.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: pengetahuan, pencegahan dan perawatan, cedera
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Jasmani Sekolah Dasar
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 12 Oct 2016 01:55
Last Modified: 30 Jan 2019 11:17
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/42188

Actions (login required)

View Item View Item