PELAKSANAAN PEMBELAJARAN TEKS ULASAN KELAS VIII DI SMP NEGERI 1 PIYUNGAN BANTUL

Wati, Restiana (2016) PELAKSANAAN PEMBELAJARAN TEKS ULASAN KELAS VIII DI SMP NEGERI 1 PIYUNGAN BANTUL. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI-RESTIANA WATI-12201244041-PBSI 2012-FBS UNY.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran teks ulasan kelas VIII di SMP Negeri 1 Piyungan Bantul. Penelitian ini mendeskripsikan pembelajaran teks ulasan yang meliputi materi, media, metode, dan evaluasi pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah guru mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas VIII SMP Negeri 1 Piyungan Bantul. Objek penelitian difokuskan pada pelaksanaan pembelajaran teks ulasan. Jenis data yang digunakan adalah data kualitatif berupa uraian pengamatan. Data yang diperoleh melalui observasi, wawancara, dan analisis dokumen. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan analisis data model interaktif. Analisis data model interaktif dilakukan melalui beberapa tahap, yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan atau verivikasi. Keabsahan data dilakukan dengan ketekunan pengamatan, perpanjangan keikutsertaan, dan triangulasi data. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan dapat ditarik empat kesimpulan. Pertama, materi pembelajaran sesuai dengan KD dan tujuan pembelajaran yang meliputi pengertian, struktur, dan unsur kebahasaan teks ulasan. Materi yang digunakan berdasarkan buku Bahasa Indonesia Wahana Pengetahuan Kels VIII untuk SMP/MTS. Kedua, media yang digunakan berupa media pajang, yaitu papan tulis dan media film “Sang Pemimpi”. Ketiga, metode yang digunakan guru meliputi metode penemuan (discovery learning), inkuiri, tanya jawab, diskusi, dan penugasan. Keempat, evaluasi pembelajaran yang diterapkan guru sesuai dengan penilaian kurikulum 2013, yaitu penilaian otentik. Penilaian tersebut meliputi penilaian sikap, penilaian pengetahuan, dan penilaian keterampilan. Bentuk penilaian berupa pengamatan, penugasan dan tes.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Admin Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FBS
Date Deposited: 12 Oct 2016 01:55
Last Modified: 30 Jan 2019 11:17
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/42186

Actions (login required)

View Item View Item