TINGKAT KETERAMPILAN BERMAIN KASTI SISWA PUTRA KELAS IV DAN V SEKOLAH DASAR NEGERI KRATON KECAMATAN KRATON KOTA YOGYAKARTA

Pambayun, Dandi Galang (2015) TINGKAT KETERAMPILAN BERMAIN KASTI SISWA PUTRA KELAS IV DAN V SEKOLAH DASAR NEGERI KRATON KECAMATAN KRATON KOTA YOGYAKARTA. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
Skripsi - Dandi Galang Pambayun - 11604221011.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Pada permainan kasti terdapat beberapa teknik yang harus dikuasai oleh seorang pemain kasti. Pada saat bermain kasti, ada siswa yang memiliki keterampilan melempar dan memukul yang bagus, akan tetapi dalam keterampilan menangkap dan berlari kurang. Ada juga siswa yang mempunyai keterampilan lari yang bagus, akan tetapi pada saat memukul tidak pernah kena pemukul sehingga tidak bisa mendapatkan nilai atau poin. Untuk mengetahui seberapa tinggi tingkat keterampilan bermain kasti siswa putra kelas IV dan V SD Negeri Kraton. Desain penelitia yang digunakan dalam penelitian ini deskriptif dengan metode survei dengan teknik tes dan pengukuran. Populasi penelitian adalah siswa putra kelas IV dan V SD Negeri Kraton Kecamatan Kraton Kota Yogyakarta yang berjumlah 23 siswa. Instrumen tes penelitian bersumber dari Saptono dengan tes melempar, menangkap, memukul bola kasti dan lari 40 meter. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuatitatif dengan presentase. Hasil penelitian tingkat keterampilan bermain kasti siswa putra kelas IV dan V SD Negeri Kraton menunjukkan bahwa untuk kategori Sangat Tinggi sebesar 8,69%, kategori Tinggi sebesar 26,08%, kategori Sedang sebesar 26,08%, kategori Rendah sebesar 34,78%, dan ketegori Sangat rendah sebesar 4,37%.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Keterampilan, Bermain Kasti, Sekolah Dasar
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Jasmani Sekolah Dasar
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 11 Oct 2016 02:49
Last Modified: 30 Jan 2019 11:17
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/42184

Actions (login required)

View Item View Item