SURVEI TINGKAT KESEGARAN JASMANI PESERTA EKSTRAKURIKULER PERMAIANAN SEPAK BOLA DAN PERMAINAN BOLA VOLI SD NEGERI KEDUNGREJO KULON PROGO TAHUN 2016

Rachmadhan, Allan Ibnu (2016) SURVEI TINGKAT KESEGARAN JASMANI PESERTA EKSTRAKURIKULER PERMAIANAN SEPAK BOLA DAN PERMAINAN BOLA VOLI SD NEGERI KEDUNGREJO KULON PROGO TAHUN 2016. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
skripsi.pdf

Download (10MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini di latar belakangi pentingnya tingkat kesegaran jasmani terutama siswa yang mengikuti ekstrakurikuler olahraga SD Negeri Kedungrejo Kulon Progo. Banyak keluhan dari para siswa yang merasa kelelahan dalam setiap mengikuti kegiatan pembelajaran sehingga perlu diketahuinya tingkat kesegaran jasmani peserta ekstrakurikuler permainan sepak bola dan permainan bola voli usia 10-12 tahun di SD Negeri Kedungrejo. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Variabel dalam penelitian ini adalah variabel tunggal yaitu tingkat kesegaran jasmani. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas atas peserta ekstrakurikuler permainan sepak bola dan permainan bola voli SD Negeri Kedungrejo Kulon Progo yang berjumlah 35 siswa, namun pada pelaksanaan terdapat 3 siswa yang berhalangan hadir karena sakit dan 2 siswa yang umurnya kurang dari 10 tahun sehingga tidak dimasukan kedalam subjek penelitian. Peneliti menggunakan 30 siswa dari 35 siswa sebagai subjek penelitian. Instrumen penelitian untuk mengukur kebugaran jasmani peserta ekstrakulikuler sepak bola dan bola voli ini menggunakan Tes Kesegaran Jasmani Indonesia (TKJI) untuk anak usia 10-12 tahun dari Kemendiknas tahun 2010. Teknik analisis data menggunakan deskriptif persentase menggunakan metode survei. Berdasar dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa 1) Tingkat kesegaran jasmani siswa laki-laki peserta ekstrakurikuler permainan sepak bola dengan perolehan nilai baik sekali 0 siswa (0%), baik 3 siswa (20%), sedang 5 siswa (33,33%), kurang 7 siswa (46,67%), kurang sekali 0 siswa (0%). 2) Sedangkan untuk tingkat kesegaran jasmani siswa perempuan peserta ekstrakurikuler permaianan bola voli dengan perolehan nilai baik sekali 0 siswa (0%), baik 2 siswa (13,33%), sedang 8 siswa (53,33%), kurang 5 siswa (33,33%), kurang sekali 0 siswa (0%). Dapat disimpulkan bahwa tingkat kesegaran jasmani siswa laki-laki peserta ekstrakurikuler sepak bola masuk dalam kategori kurang (46,67%). Sedangkan tingkat kesegaran jasmani siswa perempuan peserta ekstrakurikuler permainan bola voli masuk dalam kategori sedang (53,33%).

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Kesegaran Jasmani, Ekstrakurikuler
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Jasmani Sekolah Dasar
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 11 Oct 2016 02:36
Last Modified: 30 Jan 2019 11:17
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/42182

Actions (login required)

View Item View Item