PENGEMBANGAN SOFTWARE PEMBELAJARAN MANDIRI PADA TOPIK STRUKTUR KOMPOSIT DI JURUSAN PENDIDIKAN TEKNIK SIPIL DAN PERENCANAAN FT UNY

Wahyu, Budhi Utomo (2016) PENGEMBANGAN SOFTWARE PEMBELAJARAN MANDIRI PADA TOPIK STRUKTUR KOMPOSIT DI JURUSAN PENDIDIKAN TEKNIK SIPIL DAN PERENCANAAN FT UNY. S1 thesis, fakultas Teknik.

[img]
Preview
Text
TAS_WBU_(12505242002)_FT.pdf

Download (26MB) | Preview

Abstract

PENGEMBANGAN SOFTWARE PEMBELAJARAN MANDIRI PADA TOPIK STRUKTUR KOMPOSIT DI JURUSAN PENDIDIKAN TEKNIK SIPIL DAN PERENCANAAN FT UNY Oleh: Wahyu Budhi Utomo NIM 12505242002 ABSTRAK Tujuan penelitian ini dirancang untuk: (1) mengetahui proses mengembangkan comstruct sebagai software pembelajaran mandiri pada topik struktur komposit; (2) mengetahui tingkat kelayakan comstruct sebagai software untuk alat bantu pembelajaran mandiri pada topik struktur komposit oleh tenaga ahli (expert judgment); (3) mengetahui tingkat kelayakan comstruct sebagai software untuk bahan pembelajaran mandiri pada topik struktur komposit oleh mahasiswa dalam skala terbatas dan skala kecil. Penelitian ini merupakan penelitian Research & Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE. Ada lima tahapan dalam model pengembangan ini, diantarannya: (1) Analysis, menganalisa kebutuhan dan sasaran dalam pengembangan media; (2) Design, membuat desain awal media pembelajaran; (3) Development, mengembangkan desain menjadi produk yaitu software pembelajaran mandiri pada topik struktur komposit; (4) Implementation,menguji cobakan media pembelajaran terhadap mahasiswa; (5) Evaluation, mengevaluasi hasil dari media pembelajaran yang telah diuji cobakan. Pada tahap Implementation, media diuji coba melalui dua tahap, yaitu uji coba pada skala terbatas sebanyak 5 (lima) mahasiswa dan uji coba pada skala kecil sebanyak 20 (dua puluh) mahasiswa. Uji coba dilakukan menggunakan angket dan dianalisis dengan berdasarkan skala linkert. Hasil dari penelitian ini adalah produk berupa software pembelajaran mandiri pada topik struktur komposit yang dikembangkan dengan model pengembangan ADDIE serta tingkat kelayakan oleh tenaga ahli dan mahasiswa. Kelayakan software pembelajaran mandiri berdasarkan penilaian oleh tenaga ahli dinyatakan layak dimana ahli media memberi skor persentase kelayakan sebesar 79% dan ahli materi memberi skor persentase kelayakan sebesar 60%. Sedangkan hasil uji coba pada mahasiswa dinyatakan layak dengan dengan skor persentase kelayakan total sebesar 71% pada mahasiswa dalam skala terbatas dan skor persentase kelayakan total sebesar 66% pada mahasiswa dalam skala kecil. Dari hasil penilaian tenaga ahli dan mahasiswa dinyatakan bahwa software pembelajaran mandiri pada topik struktur komposit layak digunakan. Kata kunci: software pembelajaran mandiri, struktur komposit, ADDIE

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Sipil dan Perencanaan
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Sipil dan Perencanaan
Depositing User: Margiyanti
Date Deposited: 11 Oct 2016 01:31
Last Modified: 30 Jan 2019 11:16
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/42179

Actions (login required)

View Item View Item