PENGARUH KEMAMPUAN BAHASA INDONESIA, MATEMATIKA, DAN PENGUASAAN TEORI, SERTA PERSEPSI KELAYAKAN PERALATAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR PRAKTIKUM TEKNIK DIGITAL SISWA KELAS X JURUSAN ELEKTRONIKA INDUSTRI SMK MA’ARIF 1 KEBUMEN

Galih, Setiyo Budhi (2016) PENGARUH KEMAMPUAN BAHASA INDONESIA, MATEMATIKA, DAN PENGUASAAN TEORI, SERTA PERSEPSI KELAYAKAN PERALATAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR PRAKTIKUM TEKNIK DIGITAL SISWA KELAS X JURUSAN ELEKTRONIKA INDUSTRI SMK MA’ARIF 1 KEBUMEN. S1 thesis, fakultas Teknik.

[img]
Preview
Text
TAS_GALIH_09502244032.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

PENGARUH KEMAMPUAN BAHASA INDONESIA, MATEMATIKA, DAN PENGUASAAN TEORI, SERTA PERSEPSI KELAYAKAN PERALATAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR PRAKTIKUM TEKNIK DIGITAL SISWA KELAS X JURUSAN ELEKTRONIKA INDUSTRI SMK MA’ARIF 1 KEBUMEN Oleh : Galih Setiyo Budhi 09502244032 ABSTRAK Tujuan penelitian ini dirancang untuk: (1) memperoleh gambaran lima variabel dalam penelitian ini, yaitu:, kemampuan bahasa indonesia, kemampuan matematika, dan penguasaan teori, serta persepsi tentang kelayakan peralatan praktikum, serta prestasi belajar praktikum teknik digital siswa kelas X jurusan elektronika industri SMK Ma’arif 1 Kebumen, (2) mengetahui pengaruh seacra masing-masing dan bersama-sama variabel tersebut terhadap prestasi belajar paraktikum teknik digital, (3) meningkatkan prestasi belajar praktikum teknik digital berdasarkan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Penelitian ini merupakan penelitian korelasional dengan pendekatan expoost facto. Populasi penelitian adalah semua siswa kelas X jurusan elektronika industri SMK Ma’arif 1 Kebumen sebanyak 65 orang. Penelitian ini merupakan penelitian populasi dimana sampel diambil semua dari populasi,data dikumpulkan dengan angket, dokumentasi dan wawancara. Analisis data dilakukan dengan analisis regresi. Hasil penelitian diketahui bahwa: (1) kemampuan bahasa indonesia berpengaruh positif terhadap prestasi belajar praktikum teknik digital sebesar 0,4,44%, (2) kemampuan matemarika berpengaruh positif terhadap prestasi belajar praktikum teknik digital sebesar 8,5%, (3) penguasaan teori berpengaruh positif terhadap prestasi belajar praktikum teknik digital sebesar 50,28%, (4) persepsi tentang kelayakan peralatan berpengaruh positif terhadap prestasibelajar praktikum teknik digital sebesar 8,89%, (5) penguasaan teori, kemampuan bahasa indonesia, dan matematika, serta persepsi tentang kelayakan peratalan secara bersama-sama berpengaruh positif terhadap prestasi belajar praktikum teknik digital dengan faktor determinasi sebesar 75,5%. Kata kunci: penguasaan teori, kemampuan bahasa, teknik digital. viii KATA PENGANTAR

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Elektronika
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Elektronika
Depositing User: Margiyanti
Date Deposited: 11 Oct 2016 01:02
Last Modified: 30 Jan 2019 11:16
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/42175

Actions (login required)

View Item View Item