ANALISIS KUALITAS SOAL UJIAN SEKOLAH MATA PELAJARAN TEORI KEJURUAN KOMPETENSI KEAHLIAN TEKNIK GAMBAR BANGUNAN SMK NEGERI 3 YOGYAKARTA TAHUN 2013/2014

Endang, Mahmudah (2016) ANALISIS KUALITAS SOAL UJIAN SEKOLAH MATA PELAJARAN TEORI KEJURUAN KOMPETENSI KEAHLIAN TEKNIK GAMBAR BANGUNAN SMK NEGERI 3 YOGYAKARTA TAHUN 2013/2014. S1 thesis, fakultas Teknik.

[img]
Preview
Text
TAS_EN.pdf

Download (96MB) | Preview

Abstract

ANALISIS KUALITAS SOAL UJIAN SEKOLAH MATA PELAJARAN TEORI KEJURUAN KOMPETENSI KEAHLIAN TEKNIK GAMBAR BANGUNAN SMK NEGERI 3 YOGYAKARTA TAHUN 2013/2014 Oleh: Endang Mahmudah 09505244037 ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas butir soal ujian sekolah mata pelajaran teori kejuruan kompetensi keahlian Teknik Gambar Bangunan SMK Negeri 3 Yogyakarta yang didasarkan pada analisis logis dan analisis empiris. Metode pengumpulan data dengan dokumentasi atau telaah dokumen. Data yang diperoleh digunakan untuk mengetahui kualitas, kelayakan, dan karakteristik butir soal ujian sekolah mata pelajaran teori kejuruan kompetensi keahlian Teknik Gambar Bangunan berdasarkan analisis kualitatif dan kuantitatif. Jenis penelitian adalah penelitian deskriptif yang dilakukan di SMK Negeri 3 Yogyakarta pada tanggal 05 Maret hingga 21 Maret 2014. Sampel seluruhnya berjumlah 86 siswa. Subyek penelitian terdiri dari 3 yakni kelas XII TGB 1, XII TGB 2, dan XII TGB 3. Obyek penelitian yaitu soal (termasuk kunci jawaban) dan lembar jawab siswa. Analisis data menggunakan program ANATES versi 4. Hasil analisis kualitatif soal ujian sekolah sesuai dengan aspek materi, kontruksi dan bahasa tetapi terdapat beberapa soal yang perlu diperbaiki. Sedangkan hasil analisis kuantitatif menunjukkan bahwa karakteristik soal ujian termasuk soal berkualitas kurang baik. Indeks kesukaran kriteria sedang paket soal A 48% dan paket soal B 42%; reliabilitas soal sebesar 0,27 paket soal A dan 0,29 paket soal B, artinya memiliki keajegan yang rendah. Indeks daya pembeda klasifikasi sangat baik pada paket soal A sebesar 16% dan paket soal B 10%. Efektifitas penggunaan pengecoh (distraktor) paket soal A sebesar 32% dan paket soal B 30% soal berfungsi. Korelasi butir dengan skor total paket soal A sebesar 10% dan paket soal B 14% soal yang signifikan. Kata kunci: Analisis Soal, program ANATES versi 4

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Sipil dan Perencanaan
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Sipil dan Perencanaan
Depositing User: Margiyanti
Date Deposited: 11 Oct 2016 00:52
Last Modified: 30 Jan 2019 11:16
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/42174

Actions (login required)

View Item View Item