HUBUNGAN ANTARA LINGKUNGAN BELAJAR DAN MINAT BELAJAR SISWA DENGAN PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN MENERAPKAN KESELAMATAN, KESEHATAN KERJA (K3)DAN HYGIENE SANITASI KELAS X PROGRAM KEAHLIAN JASA BOGA SMK MA’ARIF 2 SLEMAN

Diah, Murni Saadah (2016) HUBUNGAN ANTARA LINGKUNGAN BELAJAR DAN MINAT BELAJAR SISWA DENGAN PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN MENERAPKAN KESELAMATAN, KESEHATAN KERJA (K3)DAN HYGIENE SANITASI KELAS X PROGRAM KEAHLIAN JASA BOGA SMK MA’ARIF 2 SLEMAN. S1 thesis, fakultas Teknik.

[img]
Preview
Text
TAS_Diah Murni Saadah_09511244022.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

HUBUNGAN ANTARA LINGKUNGAN BELAJAR DAN MINAT BELAJAR SISWA DENGAN PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN MENERAPKAN KESELAMATAN, KESEHATAN KERJA (K3)DAN HYGIENE SANITASI KELAS X PROGRAM KEAHLIAN JASA BOGA SMK MA’ARIF 2 SLEMAN Oleh : Diah Murni Saadah ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) lingkungan belajar siswa kelas X program keahlian Jasa Boga SMK Ma’arif 2 Sleman; (2) minat belajar siswa kelas X program keahlian Jasa Boga SMK Ma’arif 2 Sleman; (3) prestasi belajar mata pelajaran Menerapkan Keselamatan, Kesehatan Kerja (K3) dan Hygiene Sanitasi siswa kelas X program keahlian Jasa Boga SMK Ma’arif 2 Sleman; (4) hubungan antara lingkungan belajar dan prestasi belajar mata pelajaran Menerapkan Keselamatan, Kesehatan Kerja (K3) dan Hygiene Sanitasi siswa kelas X program keahlian Jasa Boga SMK Ma’arif Sleman; (5) hubungan antara minat belajar dengan prestasi belajar mata pelajaran Menerapkan Keselamatan, Kesehatan Kerja (K3) dan Hygiene Sanitasi siswa kelas X program keahlian Jasa Boga SMK Ma’arif; (6) hubungan antara lingkungan belajar dengan minat belajar secara bersama-sama dengan prestasi belajar mata pelajaran Menerapkan Keselamatan, Kesehatan Kerja (K3) dan Hygiene Sanitasi kelas X program keahlian Jasa Boga SMK Ma’arif 2 Sleman. Jenis penelitian ini bersifat korelasional. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X program keahlian Jasa Boga SMK Ma’arif Sleman sebanyak 71 siswa. Penelitian ini dilakukan pada bulan Januari 2013 sampai dengan Mei 2014 yang dilaksanakan di SMK Ma’arif 2 Sleman. Teknik pengumpulan data menggunakan angket/kuesioner, tes, dan dokumentasi. Uji validitas menggunakan teknik korelasi product moment dan uji reliabilitas menggunakan Alpha Cronbach. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis korelasi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) lingkungan belajar siswa kelas X program keahlian Jasa Boga SMK Ma’arif 2 Sleman dinilai pada kategori tinggi sebesar (85,92%); (2) minat belajar siswa kelas X program keahlian Jasa Boga SMK Ma’arif 2 Sleman dinilai pada kategori tinggi sebesar (73,24%); (3) prestasi belajar siswa kelas X program keahlian Jasa Boga SMK Ma’arif 2 Sleman dinilai pada kategori tinggi sebesar (36,62%); (4) terdapat hubungan positif dan signifikan antara lingkungan belajar dengan prestasi belajar Mata Pelajaran Menerapkan Keselamatan, Kesehatan Kerja (K3) dan Hygiene Sanitasi siswa kelas X program keahlian Jasa Boga SMK Ma’arif 2 Sleman dengan nilai korelasi 0,610; (5) terdapat hubungan positif dan signifikan antara minat belajar dengan prestasi belajar Mata Pelajaran Menerapkan Keselamatan, Kesehatan Kerja (K3) dan Hygiene siswa kelas X program keahlian Jasa Boga SMK Ma’arif 2 Sleman dengan nilai korelasi 0,677; (6) terdapat hubungan positif dan signifikan antara lingkungan belajar dan minat belajar siswa dengan prestasi belajar Mata Pelajaran Menerapkan Keselamatan, Kesehatan Kerja (K3) dan Hygiene siswa kelas X program keahlian Jasa Boga SMK Ma’arif 2 Sleman dengan nilai korelasi 0,722. Kata kunci: Lingkungan Belajar, Minat Belajar, dan Prestasi Belajar

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Boga dan Busana
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Tata Boga
Depositing User: Margiyanti
Date Deposited: 11 Oct 2016 00:43
Last Modified: 30 Jan 2019 11:16
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/42172

Actions (login required)

View Item View Item