LAPORAN KEGIATAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) SMK NEGERI 2 DEPOK

INDRA CAHYANTO B., INDRA CAHYANTO B. (2014) LAPORAN KEGIATAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) SMK NEGERI 2 DEPOK. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
103.docx

Download (10kB)

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) adalah suatu bentuk pendidikan yang memberikan pengalaman mengajar bagi mahasiswa di lapangan. Praktik Pengalaman Lapangan adalah wahana pembentukan calon guru atau tenaga kependidikan yang profesional, sedangkan misi program PPL adalah menyiapkan dan menghasilkan calon guru yang memiliki sikap, nilai, pengetahuan, dan ketrampilan profesional, pemantapan kemitraan UNY sekolah serta lembaga pendidikan Praktik Pengalaman Lapangan dilaksanakan di SMKN 2 Depok, tepatnya di Mrican Caturtunggal Depok, Sleman dimulai pada tanggal 1 Juli 2014 dan diakhiri pada tanggal 17 September 2014. Selama proses kegiatan PPL, mahasiswa mengampu mata pelajaran Kelistrikan Mesin dan Konversi Energi (KMKE) untuk kelas X . Kemudian pada saat pelaksanaan program PPL mahasiswa diberi kesempatan untuk mengajar dan mengembangkan kemampuannya mengajar secara terbimbing maupun mandiri. Kegiatan PPL memiliki rancangan kegiatan yang terdiri dari perangkat pembelajaran dan proses pelaksanaan pembelajaran yakni sesuai dengan kurikulum 2013 yang baru ditetapkan. Perangkat pembelajaran yang dibuat meliputi pembuatan RPP dan Lembar Penilaian yang berpedoman dari silabus, perhitungan minggu efektif, program tahunan, program semester dan lain-lain. Sementara itu, rancangan persiapan proses pelaksanaan pembelajaran meliputi penyiapan materi ajar, media pembelajaran yang tepat serta metode yang sesuai dengan kondisi kelas. Semua rancangan tersebut di konsultasikan dengan guru pembimbing sebelum dilaksanakan di kelas agar tercapai kompetensi yang diharapkan dan menjamin proses belajar mengajar yang lancar. Kegiatan penutup praktikan ditandai dengan penarikan oleh pihak Univeritas Negeri Yogyakarta. Kegiatan PPL ini dapat memberikan pengalaman secara nyata bagi praktikan yang belum pernah diperoleh di perkuliahan, terutama dalam pengalaman mengajar di kelas. Keberhasilan pelaksanaan PPL ini hendaknya disikapi oleh pihak Universitas Negeri Yogyakarta dengan mempertahankan dan meningkatkan jalinan komunikasi dan kerjasama dengan SMK 2 Depok, supaya kegiatan PPL dimasa mendatang akan lebih baik dan lebih menghasilkan sesuatu yang bermanfaat bagi perkembangan sekolah, siswa dan mahasiswa praktikan itu sendiri.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 11 Oct 2016 00:03
Last Modified: 01 Oct 2019 12:01
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/42166

Actions (login required)

View Item View Item