PENINGKATAN PERILAKU ALTRUISTIK MELALUI BERCERITA PADA ANAK KELOMPOK B DI TK DHARMA BAKTI I SLEMAN

Dwi Atika Anastiani, Dwi (2016) PENINGKATAN PERILAKU ALTRUISTIK MELALUI BERCERITA PADA ANAK KELOMPOK B DI TK DHARMA BAKTI I SLEMAN. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
Skripsi_Dwi Atika Anastiani_12104244013_PPB_BK.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah ditemukan beberapa anak kurang menunjukkan perilaku altruistk. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan perilaku altruistik melalui bercerita pada anak Kelompok B TK Dharma Bakti I Sleman. Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas, menggunakan model Kemmis dan McTaggart. Penelitian dilakukan 2 siklus, setiap siklus terdiri dari 2 tindakan. Subjek penelitian adalah 23 anak Kelompok B TK Dharma Bakti I Sleman. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi Check List dan wawancara. Teknik analisis data menggunakan analisis kuantitatif dan kualitatif. Indikator keberhasilan tindakan yaitu mencapai 75% pada setiap aspek. Hasil penelitian menunjukkan bercerita sebagai teknik bimbingan di TK dapat meningkatkan perilaku altruistik. Pada setiap siklus terjadi peningkatan disetiap aspek, yaitu empati, berbagi, dan membantu. Hasil wawancara dengan pendidik menunjukkan bahwa anak lebih mau berempati, berbagi, dan membantu. Pelaksanaan bercerita ada enam tahapan yaitu: 1) pendidik menentukan tema cerita; 2) pendidik memberitahu judul cerita; 3) pendidik memperkenalkan tokoh cerita menggunakan alat peraga; 4) pendidik mulai bercerita secara komunikatif, mengembangkan cerita menggunakan bahasa yang mudah dipahami anak, memperhatikan intonasi serta mimik, dan menekankan maksud yang terkandung dalam cerita; 5) pendidik meminta anak untuk menyimpulkan cerita; 6) pendidik memberi pertanyaan kepada anak dan memberikan reward. Kata kunci: perilaku altruistik, bercerita.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Psikologi Pendidikan dan Bimbingan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Admin Psikologi Pendidikan dan Bimbingan FIP
Date Deposited: 10 Oct 2016 06:41
Last Modified: 30 Jan 2019 11:16
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/42162

Actions (login required)

View Item View Item