Nilai-nilai Kepemimpinan Budaya Jawa pada Kepala Sekolah Dasar di Surakarta

Supeni, Siti (2011) Nilai-nilai Kepemimpinan Budaya Jawa pada Kepala Sekolah Dasar di Surakarta. S3 thesis, UNY.

[img] Text
disertasi-siti-supeni-06703261005.pdf
Restricted to Registered users only

Download (14MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah: (1) Untuk memahami pandangan kepala sekolah dasar terhadap nilai-nilai kepemimpinan budaya Jawa, (2) Untuk mengetahui nilai-nilai kepemimpinan budaya Jawa dalam perilaku oleh kepala sekolah dasar, (3) Untuk mengetahui implikasi kebijakan kepala sekolah dasar terhadap nilai-nilai kepemimpinan budaya Jawa,(4) Untuk mengetahui implikasi teoritis nilai-nilai kepemimpinan budaya Jawa oleh kepala sekolah dasar, (5) Untuk mengetahui implikasi praktis nilai-nilai kepemimpinan budaya Jawa oleh kepala sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan pendekatan: historis, antropologis, dan hermeneutik. Metode pengumpulan data dengan observasi participant, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Analisis data melalui deskriptif kualitatif. Langkah pertama, perpanjangan pengamatan, langkah kedua, perekaman data secara pasti dan sistematis, langkah ketiga, trianggulasi, langkah keempat, menggunakan bahan referensi, dan langkah kelima, mengadakan member-check. Prosedur analisis dilakukan sejak saat awal pengumpulan data penelitian dengan proses mereduksi data yang dibagi dalam unit-unit analisis atas temuan-temuan, yang disesuaikan dengan konsep pemikiran tentang “Nilai-nilai Kepemimpinan Budaya Jawa pada Kepala Sekolah Dasar di Surakarta”. Beberapa hal yang dapat disimpulkan dalam studi ini adalah sebagai berikut. (1) Ada persamaan dan perbedaan pandangan oleh empat kepala sekolah terhadap nilai-nilai kepemimpinan budaya Jawa. (2) Terdapat persamaan dan perbedaan perilaku kepala sekolah dalam mengaplikasikan nilai-nilai kepemimpinan budaya Jawa. (3) Program sekolah, pengelolaan artefak, dan visi kepala sekolah merupakan implikasi kebijakan sebagai aplikasi dari nilai-nilai kepemimpinan budaya Jawa oleh kepala sekolah (4) Terdapat keterkaitan antara latar belakang responden, kepribadian responden, penerapan managerial, peran responden, permasalahan yang dihadapi dengan pandangan dan perilaku kepala sekolah terhadap nilai-nilai kepemimpinan budaya Jawa, yang kesemuanya merupakan implikasi teoritis. (5) Nilai-nilai kepemimpinan budaya Jawa, dapat dikategorikan dalam dimensi theologi (spiritual), dimensi filosofis, dimensi humanis, dan dimensi perilaku, yang kesemuanya merupakan implikasi praktis dari nilai-nilai budaya Jawa.

Item Type: Thesis (S3)
Uncontrolled Keywords: nilai-nilai, budaya Jawa, kepala sekolah
Subjects: Pendidikan > Filsafat dan Sosiologi Pendidikan
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Users 57 not found.
Date Deposited: 10 Oct 2016 06:31
Last Modified: 11 Oct 2022 04:16
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/42160

Actions (login required)

View Item View Item