Pengembangan e-learning Mata pelajaran TIK SMA Kelas XI

Andriani, Wiwi (2011) Pengembangan e-learning Mata pelajaran TIK SMA Kelas XI. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-wiwi-andriani-09707251021.swf

Download (10MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Menghasilkan produk e-learning Mata Pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) Kelas XI SMA, (2) mengetahui kualitas kelayakan e-learning TIK sebagai sebagai media pembelajaran, dan (3) mengetahui efektivitas pembelajaran TIK menggunakan e-learning. Jenis penelitian adalah Penelitian dan Pengembangan (R&D). Prosedur pengembangan meliputi tahap perencanaan, desain, dan pengembangan. Pada tahap perencanaan dan desain dilakukan ongoing evaluation hingga menjadi produk awal. Pada tahap pengembangan dilakukan validasi Ahli Media dan Ahli Materi (Tes Alfa) untuk mengeliminasi permasalahan prosedur, kesesuaian dengan tujuan, dan alur komunikasinya. Setelah dilakukan revisi produk awal, maka dilakukan Tes Beta yang melibatkan siswa untuk mengetahui kekurangan e-learning TIK, e-learning TIK di uji cobakan kembali (uji coba produk) pada kelompok siswa untuk mengetahui kembali kekurangan kemudian direvisi pada tingkat akhir. Setelah itu dilakukan Tes Sumatif untuk mengetes e-learning TIK dalam pembelajaran nyata. Tes Beta dan Tes Sumatif melibatkan siswa. Siswa peserta Tes Beta sebanyak 3 orang. Pada tahap Tes Sumatif, menggunakan dua kelas yaitu XI IPA 2 dan XI IPA 3 dimana masing-masing kelas terdiri dari 32 orang. Kelas XI IPA 2 adalah sampel kelas dengan media e-learning TIK dan Kelas XI IPA 3 dengan media presentasi Power Point. Hal ini dibuat untuk mengetahui efektivitas pembelajaran TIK yang menggunakan media e-learning TIK lebih baik dari kelas yang menggunakan media powerpoint. Hasil penelitian menunjukkan. (1) e-learning TIK yang dihasilkan adalah sebuah sistem manajemen pembelajaran (LMS) online yang dibuat dengan software aplikasi moodle. E-learning TIK menyajikan materi-materi pembelajaran TIK, khususnya untuk kelas XI, SK ke-2, KD ke-4 beserta modul, latihan, tugas dan tesnya. (2) e-learning TIK layak sebagai media pembelajaran TIK berdasarkan validasi Ahli Media, Ahli Materi dan siswa, kelayakannya mencapai rerata skor 4,30 (kategori “sangat baik”). (3) Efektivitas pembelajaran TIK menggunakan e-learning TIK lebih baik daripada powerpoint berdasarkan pencapaian hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: pengembangan, e-learning
Subjects: Pendidikan > Teknologi Pendidikan
Divisions: Program Pasca Sarjana > Program Pasca Sarjana: Teknologi Pembelajaran
Depositing User: Perpustakaan Program Pascasarjana UNY
Date Deposited: 10 Oct 2016 06:11
Last Modified: 10 Oct 2016 06:11
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/42158

Actions (login required)

View Item View Item