Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif (Cooperative Learning) Tipe Jigsaw Terhadap Motivasi, Keterampilan Sosial dan Hasil Belajar PKn Siswa Pada SMA Negeri 1 Depok Sleman Yogyakarta

Firdaus, Taman (2011) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif (Cooperative Learning) Tipe Jigsaw Terhadap Motivasi, Keterampilan Sosial dan Hasil Belajar PKn Siswa Pada SMA Negeri 1 Depok Sleman Yogyakarta. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-taman-firdaus-09707251004.swf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengatahui: (1) Ada tidaknya perbedaan hasil belajar PKn antara siswa yang belajar dengan menggunakan model cooperative learning tipe jigsaw dengan siswa yang belajar dengan menggunakan metode diskusi kelas di SMA Negeri 1 Depok Sleman Yogyakarta; (2) Ada tidaknya perbedaan motivasi belajar PKn antara siswa yang belajar dengan menggunakan model cooperative learning tipe jigsaw dengan siswa yang belajar dengan menggunakan metode diskusi kelas di SMA Negeri 1 Depok Sleman Yogyakarta; (3) Ada tidaknya perbedaan keterampilan sosial antara siswa yang belajar dengan menggunakan model cooperative learning tipe jigsaw dengan siswa yang belajar dengan menggunakan metode diskusi kelas di SMA Negeri 1 Depok Sleman Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan Quasi-Eksperimental Designs, dengan desain yang digunakan adalah Randomized Pretest-Posttest Control Group Design. Pengambilan sampel dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan teknik restricted random sample. Data diperoleh dengan: (1) Tes, untuk mengumpulkan data tentang hasil belajar siswa, (2) Lembar observasi, untuk mengumpulkan data tentang keterampilan sosial siswa, (3) Angket, untuk mengumpulkan data tentang motivasi belajar siswa. Data dianalisis dengan menggunakan teknik: (1) statistik deskriptif dan (2) statistik inferensial Uji-t dengan bantuan SPSS 16. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Ada perbedaan hasil belajar PKn antara siswa yang belajar dengan menggunakan model cooperative learning tipe jigsaw dengan siswa yang belajar dengan menggunakan metode diskusi kelas di SMA Negeri 1 Depok Sleman Yogyakarta. Hal ini ditunjukkan dari hasil uji-t, di mana nilai signifikansi 0,000 < 0,05, maka H0 ditolak dan H1 diterima. (2) Ada perbedaan motivasi belajar PKn antara siswa yang belajar dengan menggunakan model cooperative learning tipe jigsaw dengan siswa yang belajar dengan menggunakan metode diskusi kelas di SMA Negeri 1 Depok Sleman Yogyakarta. Hal ini ditunjukkan dari hasil uji-t, di mana nilai signifikansi 0,002 < 0,05, maka H0 ditolak dan H1 diterima. (3) Ada perbedaan keterampilan sosial antara siswa yang belajar dengan menggunakan model cooperative learning tipe jigsaw dengan siswa yang belajar dengan menggunakan metode diskusi kelas di SMA Negeri 1 Depok Sleman Yogyakarta. Hal ini ditunjukkan dari hasil uji-t, di mana nilai signifikansi 0,000 < 0,05, maka H0 ditolak dan H1 diterima. Hasil analisis data observasi keterampilan sosial siswa pada dua kelas penelitian berdasarkan kriteria penilaian kategori yang telah ditetapkan sebelumnya menunjukkan juga bahwa terdapat peningkatan keterampilan sosial siswa pada tiap pertemuan dan mencapai kategori sangat baik di pertemuan terakhir (VI) dengan prosentase sebesar 21,21 % untuk kelas eksperimen dan 9,10 % untuk kelas kontrol.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: pembelajaran kooperatif tipe jigsaw, motivasi, keterampilan sosial, hasil belajar
Subjects: Pendidikan > Teknologi Pendidikan
Ilmu Sosial > Kewarganegaraan dan Hukum
Divisions: Program Pascasarjana > Teknologi Pembelajaran
Depositing User: Users 57 not found.
Date Deposited: 10 Oct 2016 06:01
Last Modified: 29 Jan 2019 08:51
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/42157

Actions (login required)

View Item View Item