PENGARUH DUKUNGAN SOSIAL TERHADAP KECEMASAN KARIR SISWA KELAS XI AKUNTASI DI SMK NEGERI 1 BANTUL

Fatmawati, . (2016) PENGARUH DUKUNGAN SOSIAL TERHADAP KECEMASAN KARIR SISWA KELAS XI AKUNTASI DI SMK NEGERI 1 BANTUL. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
SKRIPSI_FATMAWATI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dukungan sosial terhadap kecemasan karir siswa kelas XI Akuntansi di SMK Negeri 1 Bantul. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh dukungan sosial terhadap kecemasan karir siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI Akuntansi SMK Negeri 1 Bantul yang berjumlah 95 siswa. Alat yang digunakan dalam pengumpulan data berupa skala dukungan sosial dan skala kecemasan karir. Uji validitas instrumen menggunakan validitas isi dengan uji expert judgment. Uji reliabilitas instrument dihitung dengan menggunakan rumus Alpha Cronbach. Hasil uji coba reliabilitas instrumen mendapaatkan nilai 0,873 untuk skala dukungan sosial dan 0,895 pada skala kecemasan karir. Analisis data dan uji hipotesis menggunakan teknik regresi sederhana dengan nilai signifikasi 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dukungan sosial mempunyai pengaruh negatif dan signifikan terhadap kecemasan karir siswa. Hal ini ditunjukkan dengan taraf signifikasi 0,000 (p <0,05) dan persamaan garis regresinya Y : 118,023 + (- 0,655) X yang berarti jika dukungan sosial dinaikkan sebesar satu satuan maka kecemasan karir akan menurun sebesar 0,655. Kesimpulan penelitian ini adalah dukungan sosial dapat mempengaruhi kecemasan karir siswa, dan mayoritas dukungan sosial dan kecemasan karir siswa kelas XI Akuntansi SMK Negeri 1 Bantul memiliki kategori sedang. Kata kunci: dukungan sosial,kecemasan karir

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Psikologi Pendidikan dan Bimbingan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Admin Psikologi Pendidikan dan Bimbingan FIP
Date Deposited: 10 Oct 2016 04:21
Last Modified: 30 Jan 2019 11:16
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/42155

Actions (login required)

View Item View Item