UPAYA PENINGKATAN PROSES PEMBELAJARAN SENAM LANTAI KONSEP PUTAR MELALUI PERMAINAN DAN PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 2 SIDOMUKTI KECAMATAN KUWARASAN KABUPATEN KEBUMEN

Awaludin, Awaludin (2016) UPAYA PENINGKATAN PROSES PEMBELAJARAN SENAM LANTAI KONSEP PUTAR MELALUI PERMAINAN DAN PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 2 SIDOMUKTI KECAMATAN KUWARASAN KABUPATEN KEBUMEN. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI Awaludin.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berawal dari siswa kelas V SD Negeri 2 Sidomukti Kecamatan Kuwarasan, Kabupaten Kebumen yang kurang inovatif, aktif, efektif dan menyenangka dalam pembelajaran senam lantai konsep putar. Penelitian ini bertujuan untuk peningkatkan proses pembelajaran senam lantai konsep putar melalui permainan dan penggunaan media gambar pada siswa kelas V SD Negeri 2 Sidomukti Kecamatan Kuwarasan, Kabupaten Kebumen. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus, siklus I dan sikus II dilakukan sebanyak dua kali pertemuan. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SD Negeri 2 Sidomukti Kecamatan Kuwarasan, Kabupaten Kebumen yang berjumlah 14 siswa. Siklus pertama dilaksanakan pada tanggal 20 dan 27 April 2016, sedangkan siklus kedua dilaksanakan pada tanggal 4 dan 11 Mei 2016 Pengambilan datanya dilakukan oleh peneliti dan kolaborator, dengan menggunakan lembar pengamatan pelaksanaan pembelajaran dan angket sikap siswa terhadap pembelajaran senam lantai konsep putar melalui permainan dan penggunaan media gambar. Pengamatan dilakukan pada saat kegiatan pendahuluan, inti, dan penutup pembelajaran. Analisis data dilakukan dengan cara merefleksi hasil observasi dan evaluasi terhadap kegiatan pembelajaran dan diolah menjadi kalimat yang bermakna dan dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa setelah diberi tindakan selama dua siklus atau empat kali pertemuan adanya peningkatan proses pembelajaran yang meliputi indikator inovatif, aktif, efektif, dan senang. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah melalui permainan dan penggunaaan media gambar dapat meningkatkan proses pembelajaran pada siswa kelas V SD Negeri 2 Sidomukti, Kecamatan Kuwarasan, Kabupaten Kebumen tahun pelajaran 2015/2016.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: proses pembelajaran, permainan, media gambar
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Jasmani Sekolah Dasar
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 11 Oct 2016 01:55
Last Modified: 30 Jan 2019 11:16
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/42151

Actions (login required)

View Item View Item