HUBUNGAN STATUS SOSIAL, ASAL SEKOLAH DAN TANGGAPAN SISWA TERHADAP KOMPETENSI GURU DENGAN PRESTASI BELAJAR DI SMK NEGERI 3 SALATIGA

Tahrirudin, Tahrirudin (2016) HUBUNGAN STATUS SOSIAL, ASAL SEKOLAH DAN TANGGAPAN SISWA TERHADAP KOMPETENSI GURU DENGAN PRESTASI BELAJAR DI SMK NEGERI 3 SALATIGA. S1 thesis, fakultas Teknik.

[img]
Preview
Text
TAHRIRUDIN - 04501241009.pdf

Download (16MB) | Preview

Abstract

HUBUNGAN STATUS SOSIAL, ASAL SEKOLAH DAN TANGGAPAN SISWA TERHADAP KOMPETENSI GURU DENGAN PRESTASI BELAJAR DI SMK NEGERI 3 SALATIGA Oleh: Tahrirudin NIM. 04501241009 ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kondisi status sosial, asal sekolah, prestasi siswa dan kompetensi guru produktif kompetensi keahlian teknik mekatronika, serta mencari hubungan status sosial, asal sekolah dan tanggapan siswa terhadap kompetensi guru produktif dengan prestasi belajar kelas XII mekatronika di SMK Negeri 3 Salatiga. Penelitian ini merupakan penelitian ex-postfacto. Obyek penelitian adalah siswa kelas XII mekatronika dan guru produktif kompetensi keahlian teknik mekatronika di SMK Negeri 3 Salatiga. Sumber data diperoleh melalui angket yang diisi oleh 97 responden dari seluruh siswa kelas XII mekatronika. Analisis data menggunakan analisis deskriptif, Lambda (λa), korelasi product moment dan korelasi ganda. Pengolahan data menggunakan bantuan program MS. Excell 2007 dan SPSS 17.0 for Windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Kondisi status sosial siswa kelas XII mekatronika SMK Negeri 3 Salatiga berdasarkan pekerjaan orang tuanya adalah 7,22% PNS, 52,58% wiraswasta, 16,49% petani dan 23,71% lain-lain. (2) Kondisi asal sekolah siswa kelas XII mekatronika SMK Negeri 3 Salatiga berdasarkan SMP/MTS baik negeri maupun swasta adalah 73,20% SMP Negeri, 16,49% SMP Swasta, 6,19% MTS Negeri, dan 4,12% MTS Swasta. (3) Kondisi kompetensi guru produktif kompetensi keahlian teknik mekatronika di SMK Negeri 3 Salatiga termasuk kriteria tinggi dengan persentase ketercapaian pada aspek kepribadian 76,16%, sosial 73,60% dan profesional 76,11%. (4) Prestasi siswa kelas XII mekatronika di SMK Negeri 3 Salatiga termasuk kategori kurang dengan persentase ketercapaian kategori tinggi 17,53%, kategori cukup 27,84%, kategori kurang 38,14% dan kategori rendah 16,49%.(5) Terdapat hubungan positif dan sangat rendah (tidak signifikan) antara status sosial dan prestasi belajar siswa kompetensi keahlian teknik mekatronika dengan koefisien korelasi r = 0,020. (6) Terdapat hubungan positif dan sangat rendah (tidak signifikan) antara asal sekolah dan prestasi belajar siswa kompetensi keahlian teknik mekatronika dengan koefisien korelasi r = 0,013. (7) Terdapat hubungan negatif dan sangat rendah (tidak signifikan) antara tanggapan siswa terhadap kompetensi guru produktif dan prestasi belajar siswa kompetensi keahlian teknik mekatronika dengan koefisien korelasi r = -0,005. (8) Terdapat hubungan positif dan sangat rendah (tidak signifikan) antara status sosial, asal sekolah dan tanggapan siswa terhadap kompetensi guru produktif dengan prestasi belajar siswa kompetensi keahlian teknik mekatronika dengan koefisien korelasi R = 0,061. Kata Kunci: Status Sosial, Asal Sekolah, Kompetensi Guru, Prestasi Siswa.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Elektro
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: Margiyanti
Date Deposited: 10 Oct 2016 02:31
Last Modified: 30 Jan 2019 11:15
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/42135

Actions (login required)

View Item View Item