PENGARUH PENYIRAMAN HASIL BIODEGRADASI DAUN OLEH KEONG MAS (Pomacea canaliculata L.) TERHADAP PERTUMBUHAN DAN PRODUKSI TANAMAN SAWI (Brassica juncea L.)

Sari, Dwi Arum (2016) PENGARUH PENYIRAMAN HASIL BIODEGRADASI DAUN OLEH KEONG MAS (Pomacea canaliculata L.) TERHADAP PERTUMBUHAN DAN PRODUKSI TANAMAN SAWI (Brassica juncea L.). S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
DWI ARUM SARI.pdf

Download (939kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penyiraman air kolam hasil biodegradasi daun oleh keong mas (Pomacea canaliculata L) dan mengetahui konsentrasi N, P, dan K optimum yang terkandung pada hasil biodegradasi daun oleh keong mas (Pomacea canaliculata L) dengan ukuran 5 cm, 4 cm, 3 cm, dan 2 cm terhadap pertumbuhan dan produksi tanaman sawi (Brassica juncea L.). Jenis penelitian ini adalah eksperimen menggunakan pola Rancangan Acak Lengkap (RAL). Sampel yang digunakan adalah keong mas yang berumur 1-3 bulan sebanyak 40 ekor dan tanaman sawi yang berumur ±2 minggu sebanyak 50 tanaman. Penyiraman menggunakan air kolam pemeliharaan yang berisi keong mas. Air kolam keong mas diuji kandungan N, P, dan K di Laboratorium BPTP. Dosis penyiraman adalah 100%. Data hasil penelitian dianalisis dengan analisis ragam dan dilanjutkan dengan uji Duncan. Penyiraman air kotoran keong mas memberikan pengaruh terhadap pertumbuhan dan produksi tanaman sawi. Penyiraman dengan konsentrasi N 0,012%, P 0,004% dan K 0,017% memberikan respon positif pada variabel tinggi tanaman, jumlah daun, bobot basah dan bobot kering, tetapi tidak memberikan pengaruh pada variabel kadar klorofil total daun. Penyiraman dengan konsentrasi N 0,010%, P 0,005% dan K 0,045% memberikan hasil terbaik pada variabel kadar klorofil total daun tanaman sawi hijau. Kata kunci : Air kolam, Biodegradasi, Keong mas, Sawi Hijau

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Biologi > Biologi
Depositing User: Admin Biologi FMIPA
Date Deposited: 10 Oct 2016 07:01
Last Modified: 30 Jan 2019 11:15
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/42133

Actions (login required)

View Item View Item