Kemampuan Literasi Matematika Siswa SMA di Daerah istimewa Yogyakarta.

Sari, Rosalia Hera Novita (2016) Kemampuan Literasi Matematika Siswa SMA di Daerah istimewa Yogyakarta. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-rosalia-hera-14709251005.swf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan literasi matematika siswa SMA di Daerah Istimewa Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian survei dengan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa SMA di Daerah Istimewa Yogyakarta. Teknik pengambilan sampel yang digunakan merupakan gabungan dari stratified random sampling dan cluster random sampling. Sampel penelitian ini adalah 813 siswa kelas X yang berasal dari 15 SMA di provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta yang terdiri atas sekolah tinggi, sedang dan rendah berdasarkan nilai Ujian Nasional matematika. Pengumpulan data dilakukan melalui tes dengan instrumen soal literasi matematika sebanyak 13 pertanyaan ( ). Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif menggunakan nilai rata-rata, standar deviasi, nilai maksimum, nilai minimum, dan skor total serta statistik uji z ( ). Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan literasi matematika siswa SMA di DIY tergolong sangat rendah. Kemampuan literasi matematika siswa jika ditinjau dari indikator proses memahami berada pada kategori rendah, sedangkan untuk indikator proses memodelkan, menggunakan dan menafsirkan termasuk kategori sangat rendah.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: kemampuan literasi matematika
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 10 Oct 2016 01:21
Last Modified: 09 May 2019 07:42
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/42126

Actions (login required)

View Item View Item