Studi Evaluasi Kesiapan Guru Kimia SMA/MA Se-Kabupaten Sikka-Propinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) dalam Melaksanakan Penilaian Autentik.

Gleko, Germanus (2016) Studi Evaluasi Kesiapan Guru Kimia SMA/MA Se-Kabupaten Sikka-Propinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) dalam Melaksanakan Penilaian Autentik. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-germanus-gleko-14728251008.swf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengungkapkan : (1) kesiapan guru kimia SMA/MA Se-Kabupaten Sikka-NTT dalam menyusun berbagai instrumen penilaian yang terkait dengan penilaian autentik, dan (2) kesiapan guru kimia dalam melaksanakan penilaian autentik. Penelitian ini merupakan penelitian evaluasi. Desain penelitian mengikuti model evaluasi yang dikembangkan oleh Stufflebeam yang dikenal dengan CIPP (Context, Input, Process, Product) Models. Evaluasi dilakukan terhadap keempat komponen yaitu komponen konteks, masukan, proses, dan hasil. Pengambilan data dilakukan terhadap 20 guru kimia yang tersebar di 19 sekolah SMA/MA di seluruh wilayah Kabupaten Sikka-NTT. Pengumpulan data menggunakan angket, dokumentasi, dan observasi. Data angket menggunakan instrumen berupa Skala Likert, data dokumentasi menggunakan instrumen berupa daftar cek, dan data observasi menggunakan instrumen berupa pedoman observasi. Analisis data menggunakan pendekatan Penilaian Acuan Patokan (PAP). Analisis berdasarkan pendekatan ini yaitu dengan menghitung rata-rata skorakhir yang diperoleh kemudian ditentukan kesimpulan berdasarkan kriteria penilaian yang sudah ditentukan terlebih dahulu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata skor yang diperoleh berdasarkan data angket, dokumentasi, dan observasi memenuhi kategori nilai B sehingga dapat disimpulkan bahwa semua guru kimia SMA/MA yang ada diwilayah Kabupaten Sikka-Propinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) siap melaksanakan penyusunan berbagai instrumen penilaian autentik dan menerapkan penilaian berdasarkan instrumen yang telah disusun sesuai kaidah dalam melaksanakan penilaian autentik.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: CIPP Models, evaluasi kesiapan guru, dan penilaian autentik
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Kimia
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 10 Oct 2016 01:07
Last Modified: 09 May 2019 07:42
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/42123

Actions (login required)

View Item View Item