LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL)

ASHARI ERDIANTO, ASHARI ERDIANTO (2014) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL). Laporan ppl.

[img] Text
103.docx

Download (10kB)

Abstract

Keberanian, kepercayaan diri dan sikap kepemimpinan adalah salah satu dari sebagian banyak kunci untuk mampu melangkah dan memimpin dalam menjalani kehidupan di dunia ini. Oleh karena itu tetap selalu berfikir positif bahwa kita pasti mampu agar rasa kepercayaan diri itu dapat timbul dan tentunya kepercayaan diri tersebut tidak akan tumbuh tanpa adanya persiapan matang dan kerja keras untuk mencapai persiapan maksimal. Hal ini berlaku juga dalam pelaksanaan di Program Pengalaman Lapangan di Sokolah, karena di sekolah kita harus siap untuk tampil di depan banyak siswa untuk mengajar sekian banyak siswa di sekolah. Siswa yang diajar adalah siswa SMK yang notabone adalah siswa lakilaki. Tentunya rasa kepercayaan diri tersebut harus dilatih dahulu dengan rasa keberanian bahwa siswa yang dihadapi adalah siswa SMK. Apabila rasa kepercayaan diri dan keberanian itu tidak ada saat akan mengajar tentunya siswa akan cenderung tidak memperhatikan dan akan melamun saat mengajar karena pengajar tidak percaya diri dengan kemampuan dan persiapan yang belum matang dalam memimpin kelas. Selain itu, mengajar siswa SMK khususnya siswa kelas XI yang terdiri dari dua kelas yakni kelas A dan B pengajar harus memiliki rasa keberanian tinggi untuk membimbing sekian banyak siswa agar dapat di hormati dan siswa dapat terkoodinir dengan baik serta suasana proses belajar mengajar tetap terkondisikan dengan baik. Itulah mengapa kepercayaan diri, keberanian dan sifat kepemimpinan sangat berkaitan erat dan harus timbul dalam diri kita demi dapat berjalan lancarnya proses Praktik Pengalaman Lapangan (PPL).

Item Type: Article
Subjects: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP UNY
Date Deposited: 09 Oct 2016 23:52
Last Modified: 09 Oct 2016 23:52
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/42117

Actions (login required)

View Item View Item