LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN SMK NEGERI 2 DEPOK, SLEMAN

NURUL FITRIA DITA UTAMI, NURUL FITRIA DITA UTAMI (2014) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN SMK NEGERI 2 DEPOK, SLEMAN. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
103.docx

Download (10kB)

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan bertujuan untuk memberikan pengalaman dalam proses pembelajaran yang utuh dan terpadu, melatih dan mengembangkan berbagai kompetensi yang dipersyaratkan bagi seorang guru/tenaga kependidikan. Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) diharapkan dapat menjadi bekal bagi mahasiswa sebagai pembentukan tenaga kependidikan profesional yang siap memasuki dunia pendidikan, mempersiapkan dan menghasilkan tenaga kependidikan yang memiliki nilai, sikap, pengetahuan, dan keterampilan profesional, mengintegrasikan dan mengimplementasikan ilmu yang telah dikuasai ke dalam praktik keguruan dan kependidikan. Praktik Pengalaman Lapangan yang dilakukan oleh mahasiswa merupakan suatu kegiatan intrakulikuler yang mencakup tugas-tugas keguruan. Kegiatan KKN-PPL dimulai pada periode 1 Juli – 17 September 2014. Hal tersebut dimaksudkan agar mahasiswa mendapatkan pengalaman yang lebih optimal dalam mengajar serta mengembangkan sekolah. Kegiatan KKN di sekolah dilaksanakan dengan prosentase 25%. Sisanya dilaksanakan KKN di masyarakat. Program KKN kelompok di sekolah meliputi: Membantu penerimaan peserta didik baru (PPDB), pendampingan masa orientasi siswa (MOS), pesantren kilat. Sedang program kerja KKN individu di sekolah meliputi: Pendataan alat di bengkel TOI, membuat jadwal guru jurusan TOI, membuat jadwal piket kelas, pembuatan sticker dan poster K3, pengecatan box power supply, dan membuat jadwal pemakaian bengkel jurusan TOI. Rangkaian kegiatan KKN-PPL UNY 2014 SMK Negeri 2 Depok telah selesai. Berawal dari proses panjang sejak penerjunan oleh Dosen Pembimbing Lapangan (DPL). Beranjak kemudian melaksanakan observasi lingkungan pembelajaran, hingga praktik belajar mengajar yang sebenarnya di SMK Negeri 2 Depok Jurusan Teknik Otomasi Industri (TOI). Dalam pelaksanaan praktik mengajar, ada beberapa hal mahasiswa praktikan persiapkan. Administrasi guru, silabus, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), soal evaluasi merupakan hal-hal yang menjadi hal utama dari seorang guru. Oleh karena itu, maka mahasiswa praktikan dapat mengetahui berbagai macam hal mengenai pengelolaan pembelajaran di sekolah beserta administrasi. Pada Jurusan Teknik Otomasi Industri (TOI), mahasiswa praktikan mengampu 1 mata pelajaran untuk 1 kelas yaitu mata pelajaran Dasar dan Pengukuran Listrik untuk kelas X. Mahasiswa praktikan mengajar selama 8 kali pertemuan. Selama kegiatan PPL praktikan menggunakan kurikulum 2013 sebagai panduan mengajar. Dalam kurikulum 2013, metode dan model yang digunakan dalam pembelajaran antara lain model discovery learning, diskusi, dan tanya jawab.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 09 Oct 2016 23:28
Last Modified: 01 Oct 2019 12:02
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/42113

Actions (login required)

View Item View Item