Pengaruh Pemanfaatan E-learning Moodle Terhadap Peningkatan Motivasi dan Hasil Belajar Teknologi Informasi dan Komunikasi di Tingkat SMP

Setiawan, Rahmat (2011) Pengaruh Pemanfaatan E-learning Moodle Terhadap Peningkatan Motivasi dan Hasil Belajar Teknologi Informasi dan Komunikasi di Tingkat SMP. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-rahmat-setiawan-09707251022.swf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) pengaruh pemanfaatan e-learning moodle terhadap motivasi belajar TIK di tingkat SMP, 2) pengaruh pemanfaatan e-learning moodle terhadap hasil belajar TIK di tingkat SMP, 3) peningkatan motivasi belajar TIK di tingkat SMP akibat dari pemanfaatan e-learning moodle, dan 4) peningkatan hasil belajar TIK di tingkat SMP akibat dari pemanfaatan e-learning moodle. Penelitian kuasi eksperimen ini menggunakan dua kelompok, yaitu kelompok eksperimen yang diberi pembelajaran dengan e-learning moodle dan kelompok kontrol diberi pembelajaran dengan penyampaian materi melalui presentasi guru menggunakan LCD proyektor. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas IX SMP Negeri 4 Gamping yang seluruhnya berjumlah 199 peserta didik dengan sampel sebanyak 69 peserta didik yang terbagi dalam 2 kelompok, yaitu 34 peserta didik sebagai kelompok eksperimen dan 35 peserta didik sebagai kelompok kontrol. Instrumen pengumpulan data adalah soal tes tertulis dan angket. Teknik pengumpulan data menggunakan metode tes dengan pemberian tes tertulis dan metode non tes dengan pemberian angket. Data penelitian ini diperoleh dari hasil tes tertulis dan angket yang diberikan sebelum (pre) dan sesudah (post) pembelajaran pada masing-masing kelompok sampel yang berlangsung sebanyak 6 kali pertemuan. Data yang diperoleh dianalisis dan diuji dengan statistik parametrik uji t. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Ada pengaruh positif yang signifikan dari pemanfaatan e-learning moodle terhadap motivasi belajar TIK di tingkat SMP. Nilai signifikansi 0,006 dengan perbedaan rata-rata sebesar 3,49. 2) Ada pengaruh positif yang signifikan dari pemanfaatan e-learning moodle terhadap hasil belajar TIK di tingkat SMP. Nilai signifikansi 0,008 dengan perbedaan rata-rata sebesar 7,07. 3) Ada peningkatan motivasi belajar TIK yang signifikan akibat dari pemanfaatan e-learning moodle. Nilai signifikansi 0,015 dengan peningkatan rata-rata sebesar 2,29. 4) Ada peningkatan hasil belajar TIK yang signifikan akibat dari pemanfaatan e-learning moodle. Nilai signifikansi 0,000 dengan peningkatan rata-rata sebesar 24,62.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: e-learning, moodle, motivasi, hasil belajar
Subjects: Pendidikan > Teknologi Pendidikan
Divisions: Program Pascasarjana > Teknologi Pembelajaran
Depositing User: Users 57 not found.
Date Deposited: 07 Oct 2016 06:50
Last Modified: 29 Jan 2019 08:51
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/42109

Actions (login required)

View Item View Item