PENGEMBANGAN MOBILE GAME ”CHEM FUN” BERBASIS ANDROID MATERI SISTEM PERIODIK UNSUR SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN DAN HAFALAN MANDIRI PESERTA DIDIK SMA/MA KELAS X

Ningrum, Alvica Datu Diah (2016) PENGEMBANGAN MOBILE GAME ”CHEM FUN” BERBASIS ANDROID MATERI SISTEM PERIODIK UNSUR SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN DAN HAFALAN MANDIRI PESERTA DIDIK SMA/MA KELAS X. S1 thesis, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam UNY.

[img]
Preview
Text
artikel.pdf

Download (561kB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan mobile game “Chem Fun” berbasis android materi sistem periodik unsur sebagai media pembelajaran dan hafalan mandiri peserta didik SMA/MA kelas X serta menentukan kualitasnya. mobile game “Chem Fun” dikembangkan dengan Adobe Flash dan bantuan fitur Adobe Air for Android. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE yang meliputi empat tahapan: Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation, namun penelitian ini dibatasi hingga tahap implementasi. Mobile game “Chem Fun” materi sistem periodik unsur ditinjau dan diberi masukan dari dosen pembimbing, ahli materi, ahli media, dan peer reviewer. Mobile game “Chem Fun” dinilai oleh lima orang reviewer yaitu guru kimia SMA/MA dan 15 orang peserta didik. Penilaian dilakukan menggunakan instrumen penilaian berupa angket yang meliputi 6 aspek dengan 26 kriteria untuk reviewer dan 4 aspek dengan 19 kriteria untuk peserta didik. Hasil penelitian berupa produk mobile game “Chem Fun” yang berbentuk aplikasi untuk smartphone Android untuk memudahkan peserta didik belajar sambil bermain. Berdasarkan penilaian lima reviewer, mobile game “Chem Fun” mempunyai kualitas Sangat Baik (SB) menurut kriteria penilaian ideal dengan jumlah skor rata-rata sebesar 115,2 berada pada rentang skor ( ̅ ) dan persentase keidealan sebesar 88,10%. Berdasarkan penilaian peserta didik, mobile game “Chem Fun” mempunyai kualitas Sangat Baik (SB) menurut kriteria penilaian ideal dengan jumlah skor rata-rata sebesar 83,5 berada pada rentang skor ( ̅ ) dan persentase keidealan sebesar 87,62%. Persentase kemenarikan mobile game “Chem Fun” berdasarkan pengisian angket oleh peserta didik sebesar 93,33%. Hal ini menunjukkan mobile game “Chem Fun” dapat digunakan sebagai media pembelajaran dan hafalan mandiri materi sistem periodik unsur untuk peserta didik SMA/MA kelas X.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Pendidikan Kimia > Pendidikan Kimia
Depositing User: Admin Kimia FMIPA
Date Deposited: 07 Oct 2016 05:10
Last Modified: 30 Jan 2019 11:15
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/42108

Actions (login required)

View Item View Item