Nastiti, Arum Kanthi (2016) HUBUNGAN ANTARA TINGKAT PENDIDIKAN ORANG TUA DAN PERSEPSI PESERTA DIDIK TERHADAP CARA MENGAJAR GURU DENGAN PRESTASI BELAJAR KIMIA PESERTA DIDIK KELAS X SEMESTER I SMA/MA SE-KABUPATEN KEBUMEN TAHUN AJARAN 2015/2016. S1 thesis, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam UNY.
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (294kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) hubungan antara tingkat pendidikan orang tua dengan prestasi belajar kimia, (2) hubungan antara persepsi peserta didik terhadap cara mengajar guru dengan prestasi belajar kimia, dan (3) hubungan antara tingkat pendidikan orang tua dan persepsi peserta didik terhadap cara mengajar guru dengan prestasi belajar kimia. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas X SMA/MA seKabupaten Kebumen Tahun Ajaran 2015/2016. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 4020 peserta didik, dan sampel dalam penelitian ini sebanyak 391 peserta didik. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan metode angket dan dokumentasi. Uji persyaratan analisis data menggunakan uji normalitas dan uji homogenitas. Uji yang digunakan untuk mengetahui tujuan pertama dan kedua adalah uji regresi linear satu prediktor, sedangkan untuk mengetahui tujuan ketiga adalah uji regresi linear dua prediktor dengan taraf signifikan 5%. Berdasarkan hasil perhitungan menggunakan SPSS didapatkan harga p pada pengujian tujuan pertama adalah p = 0,407 (p > 0,05), pengujian tujuan kedua adalah p = 0,000 (p < 0,05), dan pengujian tujuan ketiga adalah p = 0,000 (p < 0,05). Sumbangan efektif tingkat pendidikan orang tua dan persepsi peserta didik terhadap cara mengajar guru terhadap prestasi belajar kimia secara bersama-sama sebesar 7,5%. Hasil penelitian ini menunjukkan: (1) tidak terdapat hubungan yang signifikan antara tingkat pendidikan orang tua dengan prestasi belajar kimia, (2) terdapat hubungan yang signifikan antara persepsi peserta didik terhadap cara mengajar guru dengan prestasi belajar kimia, dan (3) terdapat hubungan yang signifikan antara tingkat pendidikan orang tua dan persepsi peserta didik terhadap cara mengajar guru dengan prestasi belajar kimia
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Jurusan Pendidikan Kimia > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Admin Kimia FMIPA |
Date Deposited: | 07 Oct 2016 04:46 |
Last Modified: | 30 Jan 2019 11:15 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/42106 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |