HUBUNGAN ANTARA TINGKAT PENDIDIKAN ORANG TUA DAN PERSEPSI PESERTA DIDIK TERHADAP CARA MENGAJAR GURU DENGAN PRESTASI BELAJAR KIMIA PESERTA DIDIK KELAS X SEMESTER I SMA/MA SE-KABUPATEN KEBUMEN TAHUN AJARAN 2015/2016

Nastiti, Arum Kanthi (2016) HUBUNGAN ANTARA TINGKAT PENDIDIKAN ORANG TUA DAN PERSEPSI PESERTA DIDIK TERHADAP CARA MENGAJAR GURU DENGAN PRESTASI BELAJAR KIMIA PESERTA DIDIK KELAS X SEMESTER I SMA/MA SE-KABUPATEN KEBUMEN TAHUN AJARAN 2015/2016. S1 thesis, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam UNY.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (294kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) hubungan antara tingkat pendidikan orang tua dengan prestasi belajar kimia, (2) hubungan antara persepsi peserta didik terhadap cara mengajar guru dengan prestasi belajar kimia, dan (3) hubungan antara tingkat pendidikan orang tua dan persepsi peserta didik terhadap cara mengajar guru dengan prestasi belajar kimia. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas X SMA/MA seKabupaten Kebumen Tahun Ajaran 2015/2016. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 4020 peserta didik, dan sampel dalam penelitian ini sebanyak 391 peserta didik. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan metode angket dan dokumentasi. Uji persyaratan analisis data menggunakan uji normalitas dan uji homogenitas. Uji yang digunakan untuk mengetahui tujuan pertama dan kedua adalah uji regresi linear satu prediktor, sedangkan untuk mengetahui tujuan ketiga adalah uji regresi linear dua prediktor dengan taraf signifikan 5%. Berdasarkan hasil perhitungan menggunakan SPSS didapatkan harga p pada pengujian tujuan pertama adalah p = 0,407 (p > 0,05), pengujian tujuan kedua adalah p = 0,000 (p < 0,05), dan pengujian tujuan ketiga adalah p = 0,000 (p < 0,05). Sumbangan efektif tingkat pendidikan orang tua dan persepsi peserta didik terhadap cara mengajar guru terhadap prestasi belajar kimia secara bersama-sama sebesar 7,5%. Hasil penelitian ini menunjukkan: (1) tidak terdapat hubungan yang signifikan antara tingkat pendidikan orang tua dengan prestasi belajar kimia, (2) terdapat hubungan yang signifikan antara persepsi peserta didik terhadap cara mengajar guru dengan prestasi belajar kimia, dan (3) terdapat hubungan yang signifikan antara tingkat pendidikan orang tua dan persepsi peserta didik terhadap cara mengajar guru dengan prestasi belajar kimia

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Jurusan Pendidikan Kimia > Pendidikan Kimia
Depositing User: Admin Kimia FMIPA
Date Deposited: 07 Oct 2016 04:46
Last Modified: 30 Jan 2019 11:15
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/42106

Actions (login required)

View Item View Item