PELAKSANAAN PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MENULIS PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 3 CAWAS KLATEN JAWA TENGAH

Kurniadi Purnama, Kiki (2016) PELAKSANAAN PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MENULIS PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 3 CAWAS KLATEN JAWA TENGAH. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI PDF.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran keterampilan menulis dikelas VIII SMP Negeri 3 Cawas Klaten Jawa Tengah. Dalam penelitian ini, pelaksanaan pembelajaran ditinjau dari beberapa komponen utama, yaitu (1) Tujuan pembelajaran keterampilan menulis (2) materi pembelajaran keterampilan menulis (3) metode pembelajaran keterampilan menulis (4) media pembelajaran keterampilan menul is,dan (5) evaluasi pembelajaran keterampilan menulis. Jenis pendekatan penelitian ini adalah pendekatan deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah guru mata pelajaran Bahasa Indonesia dan siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Cawas Klaten Jawa Tengah, sedangkan objek penelitian ini adalah pembelajaran keterampilan menulis kelas VIII SMP Negeri 3 Cawas Klaten yang mencakup tujuan, materi, metode, media, dan evaluasi pembelajaran menulis. Pengumpulan data yang dilakukan dengan cara pengamatan berpartisipasi, wawancara secara mendalam, dan analisis dokumen. Keabsahan data diuji dengan triangulasi. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan analisis deskripsi kualitatif, dengan tahapan perbandingan antar data, kategorisasi, penyajian data, dan inferensi. Hasil penelitian menunjukkan hal-hal sebagai berikut. (1) tujuan pembelajaran sudah tercapai. (2) materi pembelajaran keterampilan menulis kelas VIII sesuai dengan pedoman silabus semester genap dan RPP yang terdiri dari dua KD. (3) metode pembelajaran keterampilan menulis kelas VIII yang digunakan oleh guru adalah metode diskusi. (4) media pembelajaran keterampilan menulis menggunakan media cetak (5) Hasil evaluasi yang diperoleh siswa semuanya mencapai ketuntasan.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Admin Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FBS
Date Deposited: 07 Oct 2016 05:41
Last Modified: 30 Jan 2019 11:15
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/42101

Actions (login required)

View Item View Item