KEEFEKTIFAN TEKNIK GROUP INVESTIGATION DALAM PEMBELAJARAN MENULIS TEKS BERITA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 GAMPING

Ratnasari, Evi (2016) KEEFEKTIFAN TEKNIK GROUP INVESTIGATION DALAM PEMBELAJARAN MENULIS TEKS BERITA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 GAMPING. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Skripsi .pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini memiliki dua tujuan. Pertama, untuk mengetahui perbedaan kemampuan menulis teks berita yang signifikan antara siswa yang mengikuti pembelajaran menggunakan teknik Group Investigation dan siswa yang mengikuti pembelajaran menggunakan teknik konvensional. Kedua, untuk menguji keefektifan teknik Group Investigation dalam pembelajaran menulis teks berita pada siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Gamping. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode penelitian eksperimen. Desain penelitian ini adalah pretest posttest control group design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Gamping. Berdasarkan teknik cluster random sampling ditetapkan kelas VIII A sebagai kelompok eksperimen dan kelas VIII B sebagai kelompok kontrol. Data dikumpulkan menggunakan tes berupa prates dan pascates. Validitas instrumen berupa validitas isi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik uji-t dan gain score. Sebelum dilakukan analisis data, terlebih dahulu dilakukan uji prasyarat analisis berupa uji normalitas dan uji homogenitas. Pengujian yang dilakukan dengan bantuan program SPSS 22.0 menunjukkan data prates dan pascates berdistribusi normal dan homogen. Berdasarkan hasil analisis dapat ditarik dua kesimpulan. Pertama, terdapat perbedaan kemampuan menulis teks berita yang signifikan antara siswa yang mendapat pembelajaran menulis teks berita dengan menggunakan teknik Group Investigation dan siswa yang mendapat pembelajaran menulis teks berita menggunakan teknik konvensional. Perbedaan tersebut dilihat dari hasil uji-t pascates kelompok kontrol dan kelompok eksperimen diperoleh t sebesar 5,874, df = 66, dan p 0,000. Nilai p lebih kecil dari taraf signifikansi 5% (p < 0,05). Kedua, teknik Group Investigation efektif digunakan dalam pembelajaran menulis teks berita pada siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Gamping, dibuktikan dengan hasil uji-t prates dan pascates kelompok eksperimen diperoleh nilai t sebesar 17,350, df = 33, dan p sebesar 0,000. Nilai p lebih kecil dari taraf signifikansi 5% (p < 0,05). Gain score kelompok eksperimen sebesar 9,5294 lebih besar dibandingkan gain score kelompok kontrol sebesar 6,3824.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Admin Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FBS
Date Deposited: 07 Oct 2016 05:41
Last Modified: 30 Jan 2019 11:15
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/42098

Actions (login required)

View Item View Item