PEMANFAATAN APLIKASI SISTEM INFORMASI MANAJEMEN RENCANA ANGGARAN PENDAPATAN DAN BELANJA SEKOLAH DI SEKOLAH DASAR SE-KECAMATAN NANGGULAN KABUPATEN KULON PROGO

Juwan, Winardi (2016) PEMANFAATAN APLIKASI SISTEM INFORMASI MANAJEMEN RENCANA ANGGARAN PENDAPATAN DAN BELANJA SEKOLAH DI SEKOLAH DASAR SE-KECAMATAN NANGGULAN KABUPATEN KULON PROGO. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
Juwan Winardi_09101241034.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) konten Aplikasi SIM RAPBS; (2) alur kinerja aplikasi SIM RAPBS; (3) pemanfaatan aplikasi SIM RAPBS di sekolah dasar Se-Kecamatan Nanggulan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian adalah operator sekolah dan sumber data adalah aplikasi SIM RAPBS. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, dan dokumentasi. Uji keabsahan data dengan triangulasi sumber dan metode. Data dianalisis secara deskriptif kualitatif dengan menggunakan teknik analisis data model Miles dan Huberman (interactive model) Hasil penelitian diperoleh sebagai berikut. (1) Konten aplikasi SIM RAPBS berupa integritas sistem, respon/waktu perubahan, perbaikan kesalahan, kenyamanan akses dan bahasa dapat disimpulkan memiliki konten yang baik dan mudah dicerna, kelemahan konten terdapat pada perbaikan kesalahan, hal tersebut wajar karena sistem tersebut masih baru. (2) Alur keRja yang dilaksanakan dalam data mentah, pengolahan data mentah, input data, proses, output, timbal balik, dalam alur ini hambatan yang diperoleh adalah pada saat input data, sedangkan kelebihan terdapat pada input berupa cetakan yang lengkap. (3) Pemanfaatan aplikasi SIM RAPBS dalam pengambilan keputusan dapat dimulai dari input hingga diproses dalam bentuk cetakan untuk mempermudah pengambilan keputusan, pengambilan keputusan dilakukan apabila terdapat hal-hal dirasa perlu mengambil kebijakan.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Administrasi Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Manajemen Pendidikan
Depositing User: Admin Administrasi Pendidikan FIP
Date Deposited: 07 Oct 2016 03:03
Last Modified: 30 Jan 2019 11:15
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/42097

Actions (login required)

View Item View Item