PENERAPAN VIDEO PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENGGUNAAN ALAT UKUR MEKANIK PRESISI DI SMK N 1 SEYEGAN

Muttaqin, Syamsul (2016) PENERAPAN VIDEO PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENGGUNAAN ALAT UKUR MEKANIK PRESISI DI SMK N 1 SEYEGAN. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
Syamsul Muttaqin_08503241004.pdf

Download (10MB) | Preview

Abstract

PENERAPAN VIDEO PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENGGUNAAN ALAT UKUR MEKANIK PRESISI DI SMK N 1 SEYEGAN Oleh: Syamsul Muttaqin NIM: 08503241004 Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui proses pembuatan media video pada standar kompetensi mengukur dengan alat ukur mekanik presisi di SMK N 1 Seyegan, (2) mengetahui kelayakan dari media pembelajaran yang dibuat tersebut, (3) mengetahui efektivitas penggunaan media video pada standar kompetensi mengukur dengan alat ukur mekanik presisi di SMK N 1 Seyegan. Pembuatan media pembelajaran ini menggunakan pendekatan penelitian pengembangan model ADDIE (Analisys, Design, Development, Implentation, Evaluation). Tahap pengujian kelayakan meliputi uji validasi ahli, uji terbatas, dan uji luas. metode yang digunakan untuk menganalisis data kelayakan adalah dengan teknik analisis deskriptif kuantitatif yang diungkapkan dalam distribusi skor dan kategori skala penilaian yang telah ditentukan. Pengujian efektivitas media pembelajaran menggunakan metode pretest dan post-test dengan bentuk tes tertulis pilihan ganda. Metode yang di gunakan untuk menganalisis data efektivitas menggunakan Mann-Whitney U-Test. Hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa (1) Media pembelajaran ini melalui beberapa tahap yakni analisis, desain media dalam bentuk naskah, pembuatan produk awal, uji validasi ahli, revisi tahap 1, uji coba produk, revisi tahap 2, dan penerapan; rekayasa media ini memiliki spesifikasi resolusi tampilan 720 x 576 pixel dengan file utama berekstensi ( .vob ) dengan ukuran frame 16 : 9. (2) hasil penilaian ahli media 73,33 % dengan kategori baik, penilaian ahli materi 78,18% dengan kategori baik, hasil uji coba terbatas 81,42% dengan kategori sangat baik, dan hasil uji coba luas 83,92% dengan kategori sangat baik. Secara keseluruhan kelayakan media pembelajaran ini termasuk dalam kategori baik; (3) dari hasil analisis uji hipotesis yang dilakukan, terdapat perbedaan hasil belajar yang signifikan antara siswa yang menggunakan media video dengan siswa yang tidak menggunakan media video pada pembelajaran Menggunakan Alat Ukur Mekanik Presisi di SMK N 1 Seyegan dimana selisih pretest-posttest kelas eksperimen(42,33) lebih besar dari pada selisih pretest-posttest kelas kontrol(30,00) yang berarti media yang dibuat tersebut efektif untuk dapat diterapkan di SMK tersebut. Kata kunci : media video, tahap pengembangan, kelayakan, efektifitas

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Mesin
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Mesin
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 07 Oct 2016 02:18
Last Modified: 30 Jan 2019 11:15
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/42093

Actions (login required)

View Item View Item