Samsudinn, Samsudin (2016) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA JENIS MULTIMEDIA INTERAKTIF PADA MATA DIKLAT DASAR-DASAR OTOMOTIF (DDO) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X DI SMK PIRI 1 YOGYAKARTA. S1 thesis, UNY.
|
Text
Syamsudin 07504241005.pdf Download (13MB) | Preview |
Abstract
Oleh : SAMSUDDIN NIM 07504241005 ABSTRAK Tujuan penelitian ini adalah untuk : mengetahui pengaruh penggunaan media pembelajaran jenis multimedia pembelajaran interaktif terhadap hasil belajar kelas X kompetensi keahlian teknik kendaraan ringan SMK PIRI 1 Yogyakarta. Desain dari penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan Nonequivalent Control Group Design. Populasi dari penelitian ini adalah siswa kelas X kompetensi keahlian teknik kendaraan ringan SMK PIRI 1 Yogyakarta yang terdiri dari 6 kelas. Metode pemilihan sampel yang digunakan adalah metode intact group, di mana sampel yang diambil adalah terdiri dari dua kelas yaitu kelas X TKR 5 sebagai kelas kontrol dan kelas X TKR 3 sebagai kelas eksperimen. Proses pengumpulan data menggunakan metode test, yaitu pengumpulan data menggunakan tes awal (pretest) dan tes akhir (posttest) setelah dilaksanakan treatment. Uji validitas instrumen dilakukan dengan experts judgment dan untuk instrumen tes hasil belajar ditambah dengan analisis butir soal yaitu dengan menghitung tingkat kesukaran dan daya pembedanya. Uji reliabilitas untuk instrumen tes hasil belajar dihitung dengan rumus Kuder-Richardson (KR-20). Teknik analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah teknik uji-t dengan dua sampel independen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Terdapat pengaruh dengan diterapkannya pembelajaran menggunakan multimedia pembelejaran interaktif. Hal ini dapat dilihat dengan hasil belajar yang lulus KKM kelas eksperimen lebih tinggi bila dibanding dengan kelas kontrol yaitu kelas kontrol 19 siswa dan kelas eksperimen 30 siswa (2) Perbandingan hasil belajar dengan menggunakan media pembelajaran jenis multimedia pembelajaran interaktif jauh lebih signifikan dibandingkan dengan penggunaan media walchart yang pada umumnya digunakan. Hal ini dapat dilihat dari hasil uji-t data hasil belajar siswa yang menunjukkan bahwa t hitung yaitu sebesar 4.753 lebih besar jika dibandingkan dengan t tabel yang hanya sebesar 2.0025. Selain itu ratarata hasil belajar siswa kelas eksperimen dengan menggunakan media jenis multimedia pembelajaran interaktif yaitu sebesar 58,41 lebih tinggi jika dibandingkan dengan kelas kontrol dengan menggunakan media walchart pada umumnya yang hanya sebesar 55,44. Kata Kunci : Multimedia Pembelajaran Interaktif dan hasil belajar siswa
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Teknik & Teknologi > Teknik Otomotif |
Divisions: | Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Otomotif |
Depositing User: | Perpustakaan FT |
Date Deposited: | 07 Oct 2016 02:05 |
Last Modified: | 30 Jan 2019 11:14 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/42092 |
Actions (login required)
View Item |