Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika SMP Kelas VIII Semester Genap untuk Siswa Berkebutuhan Khusus berorientasi pada Minat dan Prestasi Belajar.

Sadidah, Ai (2016) Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika SMP Kelas VIII Semester Genap untuk Siswa Berkebutuhan Khusus berorientasi pada Minat dan Prestasi Belajar. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-ai-sadidah-14709259013.swf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan perangkat pembelajaran matematika SMP kelas VIII semester genap untuk siswa berkebutuhan khusus kategori siswa berkesulitan belajar matematika dan siswa berbakat matematika berorientasi pada minat dan prestasi belajar yang valid, praktis dan efektif. Siswa berkebutuhan khusus pada penelitian ini dibatasi pada siswa berkesulitan belajar matematika dan siswa berbakat matematika. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan meliputi rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) dan lembar kegiatan siswa (LKS). Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Research and& Development). Penelitian ini mengembangkan perangkat pembelajaran dengan menggunakan model pengembangan 4D (Define, Design, Develop, Disseminate) yang dikembangkan oleh Thiagarajan & Semmel (1974). Uji coba terbatas dilaksanakan di kelas VIII E SMPN 1 Cisurupan Kabupaten Garut dan uji coba lapangan dilaksanakan di kelas VIII I SMPN 1 Cisurupan Kabupaten Garut. Subyek uji coba lapangan terdiri atas 35 siswa dengan siswa berkesulitan belajar matematika sebanyak 4 siswa dan siswa berbakat matematika 1 siswa. Instrumen penelitian yang digunakan terdiri dari lembar validasi, lembar penilaian kepraktisan oleh guru, lembar penilaian kepraktisan oleh siswa,lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran, instrumen penilaian minat dan instrumen penilaian prestasi, serta instrumen identifikasi siswa berkebutuhan khusus. Analisis data dilakukan dengan mengkonversi total skor aktual yang diperoleh menjadi data kualitatif skala lima. Penelitian ini menghasilkan perangkat pembelajaran matematika SMP kelas VIII semester genap untuk siswa berkebutuhan khusus berorientasi pada minat dan prestasi belajar yang, meliputi RPP dan LKS yang valid, praktis, dan efektif. Hasil validasi ahli menyatakan bahwa produk mencapai kriteria valid. Hasil penilaian kepraktisan oleh guru menunjukkan bahwa produk mencapai kategori praktis, hasil penilaian kepraktisan oleh siswadan siswa menunjukkan bahwa produk mencapai kriteria praktis, dan hasil observasi keterlaksanaan pembelajaran menunjukkan bahwa persentase proses keterlaksanaan pembelajaran pada setiap pertemuan baik aktivitas guru maupun aktivitas siswa telah melebihi 85%, dengan rata-rata persentase 92,90%. Keefektifan produk terlihat dari hasil penilaian minat dan prestasi belajar. Hasil penilaian prestasi belajar menunjukkan bahwa lebih dari 75% siswa telah mencapai nilai kriteria ketuntasan minimal (KKM), 75% siswa berkesulitan belajar matematika telah mencapai nilai KKM 75, dan semua siswa berbakat matematika telah mencapai nilai KKM 75. Hasil penilaian minat menunjukkan perolehan skor berada pada kriteria efektif. Secara keseluruhan hasil penelitian menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran yang dikembangkan memenuhi kriteria valid, praktis dan efektif sehingga layak untuk digunakan.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: penelitian dan pengembangan, perangkat pembelajaran, siswa berkebutuhan khusus, minat, prestasi belajar.
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 07 Oct 2016 03:39
Last Modified: 09 May 2019 07:42
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/42091

Actions (login required)

View Item View Item