LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) DI SMK NEGERI 2 DEPOK, SLEMAN

Gangsar, Pitoyo (2014) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) DI SMK NEGERI 2 DEPOK, SLEMAN. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
103.docx

Download (10kB)

Abstract

Kemampuan mengajar adalah salah satu aspek yang harus dimiliki oleh seorang guru. Kemampuan mengajar yang baik dibutuhkan oleh seorang guru untuk menjelaskan kepada peserta didik agar paham dengan materi yang diajarkan. Program Pengalaman Lapangan (PPL) dilaksanakan untuk mendukung proses peningkatan kemampuan mengajar mahasiswa prodi pendidikan agar bisa professional. Kegiatan PPL UNY 2014 di SMK Negeri 2 Depok yang dilaksanakan kurang lebih 2,5 bulan memberikan gambaran secara langsung kondisi kelas. Selama kegiatan PPL UNY 2014 di Jurusan Teknik Otomasi Industri, mahasiswa praktikan mempersiapkan beberapa hal seperti administrasi guru, silabus, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang sudah menggunakan kurikulum 2013, soal evaluasi, dan lembar kerja praktik. Sehingga pada saat proses mengajar, sudah ada panduan atau arahan yang jelas dan terstruktur. Selain itu, penyusunan laporan bisa lebih mudah dan mahasiswa praktikan dapat mengetahui seluk beluk administrasi guru di sekolah. Mahasiswa praktikan mengampu 1 mata pelajaran untuk kelas XI TOI, yaitu mata pelajaran Kontrol Terprogram yang erat kaitannya dengan pemrograman mikrokontroler. Mahasiswa praktikan mengajar selama 8 kali pertemuan. Setelah melakukan beberapa evaluasi dan meminta masukan dari siswa kelas XI, disimpulkan bahwa cara menerangkan mahasiswa praktikan terlalu cepat, sehingga siswa kelas XI tidak semuanya bisa mengikuti pelajaran dengan baik. Hal tersebut disebabkan karena kemampuan siswa yang sangat beragam.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 07 Oct 2016 00:09
Last Modified: 01 Oct 2019 12:00
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/42087

Actions (login required)

View Item View Item