Analisis Kurikulum: Relevansi Kompetensi Keahlian Teknik Kendaraan Ringan Sekolah Menengah Kejuruan Dengan Kebutuhan Kompetensi Dunia Usaha dan Industri di Kabupaten Jayapura.

Riadi, Riadi (2016) Analisis Kurikulum: Relevansi Kompetensi Keahlian Teknik Kendaraan Ringan Sekolah Menengah Kejuruan Dengan Kebutuhan Kompetensi Dunia Usaha dan Industri di Kabupaten Jayapura. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-riadi-14702251042.pdf
Restricted to Registered users only

Download (18MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap: (1) struktur muatan kurikulum SMK Negeri 1 Sentani pada kompetensi keahlian Teknik Kendaraan Ringan, (2) peta kompetensi keahlian Teknik Kendaraan Ringan SMK Negeri 1 Sentani dengan kompetensi kerja yang ada di dunia usaha/industri (Du/Di) di Kabupaten Jayapura, (3) tingkat relevansi Kurikulum di SMK Negeri 1 Sentani pada kompetensi keahlian Teknik Kendaraan Ringan dengan kompetensi kerja yang diperlukan oleh Du/Di di Kabupaten Jayapura. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan metode survei. Penelitian ini dilakukan di SMK Negeri 1 Sentani pada kompetensi keahlian Teknik Kendaraan Ringan dan Du/Di bidang Otomotif Kabupaten Jayapura. Responden pada penelitian ini adalah mekanik pada delapan Du/Di bidang Otomotif Kabupaten Jayapura. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah kuesioner dan teknik analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) kurikulum pada program keahlian Teknik Otomotif Paket Keahlian Teknik Kendaraan Ringan SMKN 1 Sentani meliputi 10 mata pelajaran dengan 126 butir kompetensi yang terdiri dari 72 butir kompetensi dasar program keahlian teknik otomotif (C2) dan 54 butir kompetensi paket keahlian teknik kendaraan ringan (C3); (2) pemetaan kompetensi menunjukkan bahwa kompetensi yang terdapat pada dokumen kurikulum dan menjadi kompetensi kerja yang dibutuhkan oleh dunia usaha/industri meliputi 112 butir kompetensi dengan persentase 88,89%; sedangkan kompetensi yang terdapat pada dokumen kurikulum akan tetapi tidak menjadi kompetensi kerja yang dibutuhkan oleh dunia usaha/industri meliputi 14 butir kompetensi dengan persentase 11,11%; (3) tingkat relevansi menunjukkan terdapat 14 butir kompetensi dasar berada dalam kategori tidak relevan, dengan persentase 11,11%; 15 butir kompetensi dasar berada dalam kategori cukup relevan, dengan persentase 11,90%; 26 butir kompetensi dasar berada dalam kategori relevan, dengan persentase 20,64% dan 71 butir kompetensi berada dalam kategori sangat relevan, dengan persentase 56,35%. Secara keseluruhan tingkat relevansi kurikulum SMK Negeri 1 Sentani pada kompetensi keahlian Teknik Kendaraan Ringan dengan Du/Di adalah 88,89% dan berada dalam kategori tingkat relevansi tinggi.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Kurikulum TKR SMK, Kompetensi TKR Du/Di, Relevansi.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Kejuruan
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Pendidikan Teknologi dan Kejuruan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 06 Oct 2016 08:56
Last Modified: 24 Aug 2022 07:26
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/42074

Actions (login required)

View Item View Item