Pengaruh Penggunaan Multimedia Interaktif Dalam Meningkatkan Motivasi dan Prestasi Belajar Pembelajaran Seni Budaya di SMP

Sudomo, R. Irlando (2011) Pengaruh Penggunaan Multimedia Interaktif Dalam Meningkatkan Motivasi dan Prestasi Belajar Pembelajaran Seni Budaya di SMP. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-r-irlanto-sudomo-09707251008.swf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan multimedia interaktif dalam meningkatkan motivasi dan prestasi belajar pembelajaran seni budaya (seni rupa) kelas VII di SMP. Penelitian ini menggunakan desain penelitian quasi experimen nonequivalent control group design. Variabel penelitian meliputi variabel bebas berupa penggunaan multimedia interaktif seni budaya dan variabel terikat berupa motivasi dan prestasi belajar siswa. Populasi dalam penelitian adalah peserta didik kelas VII SMP Negeri 2 TURI yang seluruhnya berjumlah 108 peserta didik dengan sampel sebanyak 72 peserta didik yang terbagi dalam 2 kelompok, yaitu 36 peserta didik sebagai kelompok eksperimen dan 36 peserta didik sebagai kelompok kontrol. Penelitian ini dilaksanankan pada semester 2 pada tahun ajaran 2010/2011. Instrumen pengumpul data adalah soal tes tertulis dan angket. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan metode tes dengan memberikan tes tertulis dan metode non tes dengan pemberian angket. Data penelitian ini diperoleh dari hasil tes tertulis dan angket pre (sebelum) dan post (sesudah) pembelajran masing-masing kelompok sampel yang berlangsung sebanyak 6 kali pertemuan. Data dalam penelitian ini dianalisis dengan uji-t, serta dengan analisis pendukung data dengan menggunakan kategori penskoran ideal. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan multimedia interaktif pada mata pelajaran seni budaya (seni rupa) terbukti berpengaruh positif dalam meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa. Secara parsial terbukti bahwa (1) nilai sig. Hasil uji-t pada aspek motivasi sebesar 0,000< α (0,05) dengan peningkatan rata-rata sebesar 21,84. (2) nilai sig. Hasil uji-t pada aspek prestasi belajar siswa sebesar 0,000< α (0,05) dengan peningkatan rata-rata sebesar 6,56 dengan tingkat signifikansi α = 5% (0,05).

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: multimedia interaktif, motivasi, prestasi belajar
Subjects: Pendidikan > Teknologi Pendidikan
Divisions: Program Pascasarjana > Teknologi Pembelajaran
Depositing User: Users 57 not found.
Date Deposited: 06 Oct 2016 06:31
Last Modified: 29 Jan 2019 08:51
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/42073

Actions (login required)

View Item View Item