Pengembangan Multimedia Pembelajaran Fotografi pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Seni Rupa Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Yogyakarta

Mardiyatmo, Mardiyatmo (2011) Pengembangan Multimedia Pembelajaran Fotografi pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Seni Rupa Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Yogyakarta. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-mardiyatmo-08707254015.swf

Download (8MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan multimedia pembelajaran interaktif yang berkualitas untuk pembelajaran fotografi mahasiswa Program Studi Pendidikan Seni Rupa Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Yogyakarta dan mengetahui kualitas sofware multimedia. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode penelitian dan pengembangan (Research and Development). Tahapan penelitian ini terdiri atas (1) analisis kebutuhan, (2) perencanaan pengembangan pembelajaran, (3) pembuatan produk/media, dan (4) evaluasi produk. Penelitian ini dilaksanakan di Jurusan Pendidikan Seni Rupa FBS Universitas Negeri Yogyakarta. Proses validasi dilakukan oleh 1 orang ahli media dan 1 orang ahli materi. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa semester IV. Subjek uji coba berjumlah 29 mahasiswa terdiri dari: 3 mahasiswa uji coba satu-satu, 6 mahasiswa uji coba kelompok kecil, dan 20 mahasiswa uji coba lapangan. Data penelitian dikumpulkan melalui lembar validasi untuk kedua ahli dan kuesioner untuk mahasiswa. Lembar validasi untuk ahli media mencakup aspek tampilan dan aspek pemograman. Lembar validasi untuk ahli materi mencakup aspek pembelajaran dan aspek isi. Kuesioner untuk mahasiswa mencakup aspek kemudahan pengoperasian, kemudahan produk untuk dipelajari isinya, kemenarikan tampilan, dan programnya. Data dianalisis secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) ditinjau dari aspek tampilan (skor 4,5) dan pemrograman (skor 4,4) dinilai ”Sangat Baik” oleh ahli media, (2) ditinjau dari aspek pembelajaran (skor 4,3) dan aspek materi (skor 4,3) dinilai ”Sangat Baik” oleh ahli materi, (3) ditinjau dari aspek kemudahan produk untuk dioperasikan, kemudahan produk untuk dipelajari isinya, kemenarikan tampilan dan program, kualitas multimedia dinilai “Baik” oleh mahasiswa dengan rata-rata skor 4,09 hasil penilaian ini menunjukkan bahwa multimedia pembelajaran fotografi untuk mahasiswa Program Studi Pendidikan Seni Rupa FBS UNY layak digunakan sebagai sumber belajar. Produk akhir multimedia pembelajaran fotografi dikemas dalam bentuk CD (compact disc), dibuat dengan menggunakan Macromedia flash 8 serta didukung oleh beberapa program yakni Authorware, Coreldraw X3, Adobe Photoshop, dan Cool edit Pro, dengan berbagai tampilan, berupa kombinasi teks, gambar ilustrasi, audio, video, dan animasi. Produk multimedia pembelajaran fotografi berisi petunjuk, tujuan pembelajaran, materi tentang pengertian warna, komponen warna, macam warna, karakteristik warna, peran warna, asosiasi dan psikologi warna, dengan berbagai contoh gambar, foto, audio video, serta latihan dan evaluasi.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: multimedia pembelajaran, fotografi
Subjects: Pendidikan > Teknologi Pendidikan
Divisions: Program Pascasarjana > Teknologi Pembelajaran
Depositing User: Users 57 not found.
Date Deposited: 06 Oct 2016 06:06
Last Modified: 29 Jan 2019 08:51
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/42071

Actions (login required)

View Item View Item