PENYUSUNAN MODUL PENGAYAAN KEANEKARAGAMAN JENIS MAKROALGA DI PANTAI DRINI SEBAGAI BAHAN AJAR KEANEKARAGAMAN HAYATI SISWA KELAS X SMA

Briliani, Marbelisa (2016) PENYUSUNAN MODUL PENGAYAAN KEANEKARAGAMAN JENIS MAKROALGA DI PANTAI DRINI SEBAGAI BAHAN AJAR KEANEKARAGAMAN HAYATI SISWA KELAS X SMA. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
MARBELISA BRILIANI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis-jenis makroalga yang ditemukan di Pantai Drini, mengetahui potensi keanekaragaman jenis makroalga di Pantai Drini sebagai sumber belajar, dan mengetahui kualitas modul pengayaan keanekaragaman jenis makroalga sebagai bahan ajar keanekaragaman hayati siswa kelas X SMA. Jenis penelitian ini secara keseluruhan menggunakan metode Reseacrh and Developtmen (R&D). Penelitian ini terbagi menjadi 3 tahapan, yang pertama adalah penelitian biologi mengenai keanekaragaman makroalga di Pantai Drini dengan jenis penelitian deskriptif kualitatif yang dilakukan dengan mengeksplorasi dan mengamati makroalga yang ditemukan di Pantai Drini. Penelitian yang kedua adalah analisis potensi hasil penelitian sebagai sumber belajar dengan tahapan identifikasi hasil penelitian, seleksi dan modifikasi hasil penelitian sebagai sumber belajar, dan penerapan pengembangan hasil penelitian sebagai sumber belajar biologi. Tahapan penelitian yang terakhir adalah pengemasan hasil penelitian sebagai bahan ajar. Penelitian pada tahap ini menggunakan model ADDIE (analysis, design, development and production, implementation, dan evaluation), namun hanya dibatasi sampai tahap development. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat 17 spesies makroalga yang ditemukan di Pantai Drini yang tergolong dalam 11 Genus, 9 Famili, 7 Ordo, dan 3 Kelas. Hasil Analisis potensi hasil penelitian, menujukkan bahwa penelitian tersebut berpotensi untuk dikembangkan menjadi sumber belajar. Kualitas modul pengayaan keanekaragaman jenis makroalga di Pantai Drini secara umum dikategorikan sangat baik menurut ahli materi sebesar 85,42%, ahli media sebesar 61,30% dan guru sebesar 91%, serta baik menurut tanggapan siswa dengan presentase sebesar 55,24%. Kata kunci: bahan ajar, makroalga, modul pengayaan.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Biologi > Pendidikan Biologi
Depositing User: Admin Biologi FMIPA
Date Deposited: 07 Oct 2016 02:08
Last Modified: 30 Jan 2019 11:14
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/42056

Actions (login required)

View Item View Item