Pengaruh Pendekatan STSE pada Materi Pencemaran Lingkungan Bersuplemen Komik Terhadap Keterampilan Berpikir Kreatif dan Sikap Peduli Lingkungan Kelas X SMA Negeri 2 Sleman.

Fajarwati, Pungki (2016) Pengaruh Pendekatan STSE pada Materi Pencemaran Lingkungan Bersuplemen Komik Terhadap Keterampilan Berpikir Kreatif dan Sikap Peduli Lingkungan Kelas X SMA Negeri 2 Sleman. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-pungki-fajarwati-14725251031.swf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan pendekatan STSE dengan suplemen komik edukasi Potret Sungai Gajah Wong terhadap keterampilan berpikir kreatif dan sikap peduli lingkungan siswa kelas X SMA Negeri 2 Sleman tahun ajaran 2015/2016 pada materi pencemaran lingkungan. Penelitian ini berbentuk quasi-experimental research dengan desain pretest-posttest non-equivalent control group. Penelitian dilakukan pada seluruh peserta didik kelas X di SMAN 2 Sleman. Penentuan desain penelitian didasarkan pada teknik purposive sampling dengan saran guru bidang studi biologi yakni kelas XC sebagai kelompok STSE+komik dengan perlakuan berupa pendekatan STSE bersuplemen komik, kelas XB sebagai kelompok STSE dengan perlakuan berupa pendekatan STSE tanpa suplemen komik, kelas XD sebagai kelompok konvensional+komik dengan perlakuan berupa pembelajaran langsung bersuplemen komik, dan kelas XA sebagai kelompok kontrol dengan perlakuan berupa pembelajaran langsung tanpa suplemen komik. Adapun sumber data mengenai keterampilan berpikir kreatif siswa model SCAMPER diperoleh dari data pretes dan postes sedangkan sikap peduli lingkungan siswa diperoleh melalui angket dan lembar observasi. Instrumen penelitian berupa soal pretes yang terdiri dari 6 soal uraian dan postes yang terdiri dari 7 soal uraian dengan validitas berada pada batas kisaran INFIT MNSQ ≥0,77 sampai ≤1,30. Hipotesis penelitian ini dianalisis dengan ANCOVA dan uji pos hoc DMRT. Hasil penelitian ini mengungkap bahwa penerapan pendekatan STSE dengan suplemen komik edukasi pada kelas STSE+komik dan penerapan pembelajaran konvensional dengan suplemen komik edukasi pada kelas kovensional+komik secara signifikan berpengaruh positif terhadap keterampilan berpikir kreatif dan sikap peduli lingkungan siswa. Keterampilan berpikir kreatif siswa lebih meningkat secara signifikan ketika menggunakan pendekatan STSE dengan suplemen komik. Hal ini disebabkan karena penerapan pendekatan STSE mampu meningkatkan keterampilan berpikir kreatif siswa karena adanya interaksi langsung antara siswa dengan lingkungan alam maupun masyarakat yang membahas mengenai permasalahan sehari-hari melalui sudut pandang ilmu sains Penggunaan multimedia pembelajaran berupa komik edukasi digital dengan aplikasi adobe flash player berjudul Potret Sungai Gajah Wong berpengaruh terhadap peningkatan keterampilan berpikir kreatif siswa karena komik menyajikan informasi tambahan yang disajikan lebih menarik dengan visualisasi gambar dan teks yang komunikatif. Sikap peduli lingkungan siswa yang paling menonjol tampak pada kelas STSE+komik dibanding kelas yang lain.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: pendekatan STSE, komik edukasi, keterampilan berpikir kreatif, sikap peduli lingkungan, pencemaran lingkungan.
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Biologi
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 06 Oct 2016 06:42
Last Modified: 09 May 2019 07:42
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/42052

Actions (login required)

View Item View Item