Pengaruh Penerapan Problem-Based Learning dengan Suplemen Komik Materi Pencemaran Lingkungan terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah dan Sikap Peduli Lingkungan Siswa SMA Negeri 1 Sedayu.

Aninda, Berliana Okta (2016) Pengaruh Penerapan Problem-Based Learning dengan Suplemen Komik Materi Pencemaran Lingkungan terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah dan Sikap Peduli Lingkungan Siswa SMA Negeri 1 Sedayu. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-berliana-okta-aninda-14725251043.swf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan problem-based learning dengan suplemen komik terhadap kemampuan pemecahan masalah dan sikap peduli lingkungan siswa kelas X SMA Negeri 1 Sedayu tahun ajaran 2015-2016 pada materi pencemaran lingkungan. Penelitian ini merupakan quasi-experimental research dengan menggunakan pretest pos- test non-equivalent control group design. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa SMA Negeri 1 Sedayu. Sampel penelitian yang ditentukan dengan menggunakan teknik purposive sampling, adalah kelas X MIA 2 dengan jumlah siswa 32 sebagai kelas eksperimen dengan perlakuan penerapan PBL dengan suplemen komik, kelas X MIA 1 dengan jumlah siswa 32 sebagai kelas eksperimen 2 dengan perlakuan penerapan PBL tanpa suplemen komik, kelas X MIA 4 dengan jumlah siswa 32 sebagai kelas ekperimen dengan perlakuan penerapan pembelajaran konvensional dengan suplemen komik, dan kelas X MIA 3 dengan jumlah siswa 32 sebagai kelas kontrol yaitu dengan pembelajaran konvensional tanpa suplemen komik. Data hasil kemampuan pemecahan masalah diperoleh dari pretest dan post-test, sedangkan data sikap peduli lingkungan diperoleh dari angket yang diisi oleh siswa dan observer. Instrumen penelitian berupa soal pretest sebanyak enam soal dan soal post-test sebanyak enam soal dinyatakan valid. Reliabilitas soal pretest sebesar 0,625 dan soal post-test sebesar 0,673. Hipotesis penelitian dianalisis menggunakan ANCOVA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan PBL dengan suplemen komik memberikan pengaruh yang terbaik terhadap hasil kemampuan pemecahan masalah dibandingkan dengan penerapan PBL tanpa suplemen komik, penerapan pembelajaran konvensional dengan suplemen komik, dan penerapan pembelajaran konvensional tanpa suplemen komik. Hasil penerapan PBL dengan suplemen komik juga memberikan pengaruh paling baik terhadap sikap peduli lingkungan siswa dibanding dengan penerapan PBL tanpa suplemen komik, penerapan pembelajaran konvensional dengan suplemen komik, dan penerapan pembelajaran konvensional tanpa suplemen komik.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: problem-based learning (PBL), komik, kemampuan pemecahan masalah, sikap peduli lingkungan.
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Biologi
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 06 Oct 2016 02:08
Last Modified: 09 May 2019 07:42
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/42050

Actions (login required)

View Item View Item