PENGARUH PEMBERIAN GERAK DAN MUSIK TERHADAP KEMAMPUAN MOTORIK KASAR ANAK TUNAGRAHITA RINGAN KELAS ATAS DI SLB NEGERI PEMBINA YOGYAKRTA

Danang Priyo Sularso (2016) PENGARUH PEMBERIAN GERAK DAN MUSIK TERHADAP KEMAMPUAN MOTORIK KASAR ANAK TUNAGRAHITA RINGAN KELAS ATAS DI SLB NEGERI PEMBINA YOGYAKRTA. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
skripsi danang.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian gerak dan musik terhadap kemampuan motorik kasar anak tunagrahita ringan kelas atas di SLB N Pembina Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian pra eksperimen atau eksperimen semu dengan menggunakan rancangan one group pretest-posttest design. Sebelum sampel diberikan perlakuan, terlebih dahulu dilakukan pretest dengan menggunakan test kemampuan motorik kasar, setelah itu diberikan perlakuan atau treatment program gerak dan musik sebanyak 16 kali, kemudian pada akhir pertemuan dilakukan pengambilan data akhir atau posttest untuk melihat seberapa besar perkembangan setelah diberikan treatment. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa SLB N Pembina Yogyakarta anak tunagrahita ringan kelas atas. Pengambilan sampel pada penelitian ini adalah menggunakan tehnik puposive sampling, sehingga sample pada penelitian ini sejumlah 14 anak. Teknik analisis data menggunakan uji-t paired samples t test dengan taraf signifikasi 5%. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan pemberian gerak dan musik terhadap peningkatan kemampuan motorik kasar anak tunagrahita ringan kelas atas di SLB N Pembina Yogyakarta.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Aktivitas Gerak dan Musik, Kemampuan Motorik Kasar
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Ilmu Keolahragaan
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 07 Oct 2016 02:08
Last Modified: 30 Jan 2019 11:14
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/42048

Actions (login required)

View Item View Item