HUBUNGAN GAYA BELAJAR SISWA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR DAN KESULITAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS VIII DI SMP N 3 KASIHAN TAHUN AJARAN 2015/ 2016

Kusumastuti, Ardhiyanti (2016) HUBUNGAN GAYA BELAJAR SISWA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR DAN KESULITAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS VIII DI SMP N 3 KASIHAN TAHUN AJARAN 2015/ 2016. S1 thesis, FIS.

[img] Slideshow (Skripsi Digital)
Skripsi Full 09416244034.swf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengidentifikasi variasi gaya belajar siswa; (2) mengetahui motivasi belajar siswa; (3) mengetahui kesulitan belajar siswa; dan (4) mengetahui ada tidaknya kecenderungan hubungan gaya belajar siswa terhadap motivasi belajar dan kesulitan belajar pada mata pelajaran IPS kelas VIII di SMP N 3 Kasihan. Berdasarkan tujuan, penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP N 3 Kasihan tahun ajaran 2015/ 2016 sebanyak 125 siswa. Jumlah sampel yang diambil sebanyak 95 siswa. Teknik Pengumpulan data menggunakan kuesioner atau angket. Uji validitas instrumen menggunakan korelasi product moment dan uji reliabilitas instrumen menggunakan rumus Alpha Cronbach. Uji prasyarat analisis terdiri dari uji normalitas dan uji homogenitas. Pengujian hipotesis menggunakan multivariate dan univariate dengan taraf signifikan 0,05. Hasil penelitian menujukkan bahwa: (1) terdapat variasi tipe gaya belajar siswa kelas VIII SMP N 3 Kasihan tahun ajaran 2015/ 2016. Tipe gaya belajar paling banyak yaitu tipe belajar auditorial dengan persentase 46,31%, tipe gaya belajar visual dengan persentase 43,16%, dan tipe gaya belajar kinestetik dengan persentase 10,53%, (2) terdapat motivasi belajar pada mata pelajaran IPS yang berada di tingkat sedang yaitu sebesar 58,95%; (3) terdapat kesulitan belajar pada mata pelajaran IPS yang berada pada kategori sedang yaitu sebesar 54,74%; (4) gaya belajar yang dimiliki siswa tidak memiliki kecenderungan hubungan dengan motivasi belajar dan kesulitan belajar siswa dengan tingkat signifikansi multivariate sebesar 0,492 dan tingkat signifikansi univariate 0,449 untuk motivasi belajar dan 0,751 untuk kesulitan belajar. Kata kunci: gaya belajar, motivasi belajar, dan kesulitan belajar

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Pendidikan IPS
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial, Hukum dan Ilmu Politik (FISHIPOL) > Pendidikan IPS
Depositing User: Admin Pendidikan IPS FIS
Date Deposited: 06 Oct 2016 00:49
Last Modified: 30 Jan 2019 11:13
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/42038

Actions (login required)

View Item View Item