Peran Metode Mengajar Dalam Pembelajaran IPS

Yulinda, Farina Rizki (2016) Peran Metode Mengajar Dalam Pembelajaran IPS. S1 thesis, FIS.

[img] Slideshow (TABS Digital)
TABS 09416244028.swf

Download (1MB)
Official URL: http://library.fis.uny.ac.id/elibfis/index.php

Abstract

Kajian ini bertujuan untuk mengetahui peran metode mengajar yang diterapkan guru dalam pembelajaran IPS. Metode mengajar guru sebagai alat untuk mencapai tujuan pengajaran yang ingin dicapai. Kajian ini merupakan kajian dokumen. Objek kajian ini adalah peran metode mengajar yang diterapkan guru dalam pembelajaran IPS.Teknik analisis dokumen yang digunakan meliputi berbagai sumber baik dari literature berupa artikel, makalah, jurnal ilmiah, website, internet maupun buku yang relevan dengan objek yang dikaji. Kajian yang dibahas dibagi atas 3 pokok bahasan: 1) peran metode mengajar yang diterapkan guru dalam pembelajaran IPS, 2) metode mengajar yang sesuai dengan karakteristik IPS, 3) kendala guru dalam menggunakan metode mengajar dalam pembelajaran IPS. Hasil kajian ini menunjukkan bahwa: 1) peran metode mengajar dalam pembelajaran khususnya dalam pembelajaran IPS antara lain: sebagai pedoman bagi guru dalam perencanaan pembelajaran, alat mencapai tujuan pembelajaran, cara agar pembelajaran berlangsung secara menyenangkan, cara agar dengan pemilihan metode yang tepat materi pembelajaran dapat diterima oleh siswa dengan baik, alat motivasi ekstrinsik, strategi pengajaran, bahan untuk menilai ketuntasan hasil belajar dengan menggunakan pemilihan metode pembelajaran dan sebagai interaksi yang bernilai pendidikan. 2) secara garis besar metode mengajar guru yang dapat diterapkan antara lain: metode ceramah, metode Tanya jawab, metodediskusi, metodepenugasan, metode kerja kelompok, metode demonstrasi, metode karyawisata, metode simulasi, metode inquiry dan discovery, metode bermain peran (role playing), metode sosial drama, dan metode Contectual Teaching and Learning (CTL). 3) Kendala yang dihadapi guru adalah guru tidak menguasai metode saat mengajar, penggunaan metode mengajar terkendala kurangnya waktu, terbatasnya sarana dan prasarana pendukung, guru mengalami kesulitan menentukan metode pembelajaran sesuai dengan tujuan pengajaran, waktu, tempat, dan alat-alat yang tersedia serta kecakapan guru, guru belum dapat mengenal karakteristik siswa, guru belum memiliki kompetensi yang memadai dalam mengajar, adanya system pendidikan yang menjadikan guru hanya mengejar target materi dengan pemilihan metode mengajar yang tidak relevan. Kata Kunci: metode mengajar, pembelajaran IPS

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Pendidikan IPS
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan IPS
Depositing User: Admin Pendidikan IPS FIS
Date Deposited: 06 Oct 2016 00:44
Last Modified: 06 Oct 2016 00:44
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/42036

Actions (login required)

View Item View Item