[Ringkasan Skripsi] Persepsi Siswa Tentang Kompetensi Pedagogik dan Profesional Guru Mata Pelajaran IPS SMP se-Kecamatan Kutowinangun Kabupaten Kebumen

Riyanti, Eva (2016) [Ringkasan Skripsi] Persepsi Siswa Tentang Kompetensi Pedagogik dan Profesional Guru Mata Pelajaran IPS SMP se-Kecamatan Kutowinangun Kabupaten Kebumen. S1 thesis, FIS.

[img] Slideshow (Ringkasan Skripsi Digital)
RINGKASAN SKRIPSI EVA RIYANTI (12416241011).swf

Download (561kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) persepsi siswa tentang kompetensi pedagogik guru IPS SMP di Kecamatan Kutowinangun; (2) persepsi siswa tentang kompetensi profesional guru IPS SMP di Kecamatan Kutowinangun. Penelitian ini merupakan penelitian survei. Variabel penelitian ini adalah persepsi siswa tentang kompetensi pedagogik dan profesional guru mata pelajaran IPS. Teknik pengumpulan data yang digunakan menggunakan angket. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMP Se-Kecamatan Kutowinangun yang berjumlah 3265 siswa dan sampel yang digunakan dalam penelitian dengan Proporsional Random Sampling sebanyak 344 orang siswa. Uji validitas instrumen menggunakan rumus korelasi Product Moment dan uji reliabilitas menggunakan rumus Alpha Cronbach. Teknik analisis data menggunakan teknik statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) persepsi siswa tentang kompetensi pedagogik guru IPS di Kecamatan Kutowinangun dengan skor paling rendah dalam kategori cukup adalah persepsi siswa tentang kompetensi pedagogik guru dalam berkomunikasi dengan siswa yang disebabkan guru IPS mengajar dengan metode kurang variatif sehingga siswa kurang aktif untuk belajar, guru IPS kurang mendorong siswa untuk mengembangkan keterampilan yang dimiliki setiap siswa; dan (2) persepsi siswa tentang kompetensi profesional guru IPS di Kecamatan Kutowinangun dengan skor paling rendah dalam kategori cukup adalah persepsi siswa tentang persepsi siswa tentang kompetensi profesional guru mengenai penguasaan dan pengembangan materi pembelajaran secara kreatif dengan media pengajaran dan sumber belajar yang disebabkan guru IPS mengajar kurang lancar tentang materi yang diajarkan, dan guru IPS kurang mengajak siswa untuk belajar di perpustakaan, serta guru IPS kurang sering menggunakan internet sebagai bahan untuk diskusi di kelas. Kata kunci: persepsi siswa, kompetensi pedagogik, kompetensi profesional, guru ips

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Pendidikan IPS
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial, Hukum dan Ilmu Politik (FISHIPOL) > Pendidikan IPS
Depositing User: Admin Pendidikan IPS FIS
Date Deposited: 06 Oct 2016 00:41
Last Modified: 30 Jan 2019 11:13
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/42035

Actions (login required)

View Item View Item