IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN SNOWBALL THROWING UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR IPS MATERI SEJARAH KELAS X PERAWAT B SMK INSAN MULIA YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2015/2016

PUTRA, ERIK MUDIKA (2016) IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN SNOWBALL THROWING UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR IPS MATERI SEJARAH KELAS X PERAWAT B SMK INSAN MULIA YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2015/2016. S1 thesis, FIS.

[img] Slideshow (Skripsi Digital)
Skripsi Full 09406244032).swf

Download (4MB)

Abstract

Pembelajaran konvensional yang dominan menggunakan ceramah menyebabkan siswa bosan yang akhirnya motivasi belajar siswa tidak optimal. Tujuan penelitian ini adalah:mengetahui bagaimana implementasi model Snowball Throwing untuk meningkatkan motivasi belajar IPS materi sejarah pada siswa kelas X Perawat B SMK Insan Mulia Yogyakarta Tahun Ajaran 2015/2016. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan pendekatan kuantitatif dan kualitatif yang terdiri dari 2 siklus. Setiap siklus mencakup perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Sumber data dalam penelitian ini berasal dari guru dan siswa. Proses pengambilan data dalam penelitian ini melalui observasi, wawancara, dokumentasi, dan angket motivasi belajar. Validitas data yang digunakan dalam penelitian ini dengan triangulasi, yang terdiri dari triangulasi sumber data dan metode. Analisis datamenggunakan analisis kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan pembelajaran sejarah dengan menggunakan Model Snowball Throwing yang dikolaborasikan dengan hadiah dan media Power Point secara umum dapat meningkatkan motivasi belajar. Hal ini dapat dilihat dari peningkatan yang terjadi pada setiap siklusnya. Pada siklus I, motivasi belajar siswa mengalami peningkatan sebesar 0,94, pre tindakan 51,06 poin ke 52,00 poin. Pada siklus II mengalami peningkatan sebesar 24,18 dari 52,00 poin ke 76,18 point. Perubahan suasana kelas pada siklus I ke siklus II ditandai dengan (1) perhatian siswa yang aktif dan rasa ingin tahu yang besar mengenai materi yang dipelajari dan diajarkan, (2) interaksi antar anggota kelompok berjalan kritis dan rajin bertanya mengenai pembelajaran IPS materi sejarah, dan (3) proses belajar mengajar menjadi lebih hidup cenderung tidak monoton dari pembelajaran terdahulu. Kendala yang dihadapi selama penelitian ini adalah kekurangan waktu pada proses pembelajaran siklus I dan II karena model Snowball Throwing akan lebih efektif jika membutuhkan alokasi yang cukup lama. Kelebihannya adalah teknik dan model pembelajaran menjadi menyenangkan dan siswa semangat, motivasi belajar meningkat. Kata kunci: Penerapan Model Snowball Throwing, motivasi belajar.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Sejarah
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial, Hukum dan Ilmu Politik (FISHIPOL) > Pendidikan Sejarah
Depositing User: Admin Pendidikan Sejarah FIS
Date Deposited: 06 Oct 2016 00:34
Last Modified: 30 Jan 2019 11:13
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/42032

Actions (login required)

View Item View Item