Pengembangan Multimedia Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam

Isma'il, Isma'il (2011) Pengembangan Multimedia Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-ismail-09707251028.swf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan: 1) mengembangkan multimedia pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam untuk siswa Madrasah Tsanawiyah kelas VII, 2) menghasilkan multimedia pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam yang layak, baik dari aspek materi, aspek pembelajaran, aspek tampilan, dan aspek media. Penelitian ini adalah merupakan penelitian dan pengembangan (research and development). Setelah melalui tahap produksi dihasilkan produk awal kemudian dilakukan validasi oleh ahli materi dan ahli media. Selanjutnya, produk diujicobakan kepada siswa melalui tiga tahap, yaitu uji coba perorangan, uji coba kelompok kecil, dan uji coba lapangan. Untuk mengetahui efektivitas atau fungsi produk dalam meningkatkan kualitas pembelajaran dalam bentuk peningkatan pencapaian hasil belajar, adalah dengan mengetahui peningkatan prestatsi belajar dilihat dari hasil pretest dan posttest. Subjek uji coba produk adalah siswa kelas VII semester genap tahun ajaran 2010/2011 Madrasah Tsanawiyah Pesantren Pembangunan Cigaru Majenang Kabupaten Cilacap Jawa Tengah. Subjek uji coba penelitian ini adalah 35 orang siswa, yang terdiri dari 3 siswa untuk uji coba perorangan, 7 siswa untuk uji coba kelompok kecil, dan 25 siswa untuk uji coba lapangan. Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini adalah data dari ahli materi, data dari ahli media, dan data dari para siswa. Instrumen pengumpulan data berupa instrumen evaluasi untuk ahli materi, instrument evaluasi untuk ahli media, instrument evaluasi untuk subjek uji coba perorangan, instrument evaluasi untuk uji coba kelompok kecil, dan instrument evaluasi untuk uji coba lapangan, serta instrumen evaluasi untuk tes hasil belajar. Analisis data menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian ini adalah: 1) produk CD pembelajaran yang telah melalui tahap analisis kebutuhan, desain pembelajaran, produksi, evaluasi formatif yang terdiri dari validasi ahli materi, dan ahli media; 2) produk CD pembelajaran ini layak dari aspek pembelajaran dengan kategori sangat baik dengan skor 4,2; 3) dari aspek isi/materi termasuk dalam kategori sangat baik dengan skor 4,22; 4) kelayakan aspek tampilan produk multimedia pembelajaran ini termasuk dalam kategori baik dengan skor 4,08; 5) kelayakan aspek media produk multimedia pembelajaran ini termasuk dalam kategori sangat baik dengan skor 4,17; 6) produk multimedia pembelajaran dapat meningkatkan prestasi belajar pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam, sebelum menggunakan multimedia, rata-rata hasil belajar siswa 69,99, setelah menggunakan multimedia meningkat, rata-rata 85,71, dengan perbedaan skor sebesar 15,72 poin.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: pengembangan multimedia, sejarah kebudayaan Islam, pembelajaran
Subjects: Pendidikan > Teknologi Pendidikan
Filsafat. Psikologi. Agama > Studi Islam
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Teknologi Pembelajaran
Depositing User: Users 57 not found.
Date Deposited: 05 Oct 2016 08:34
Last Modified: 29 Jan 2019 08:50
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/42026

Actions (login required)

View Item View Item