Prestasi Belajar Ekonomi Siswa SMA di Kabupaten Sleman Ditinjau dari Pengaruh Guru, Siswa, dan Keluarga.

Wahdinah, Siti Nur (2016) Prestasi Belajar Ekonomi Siswa SMA di Kabupaten Sleman Ditinjau dari Pengaruh Guru, Siswa, dan Keluarga. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-siti-nur-wahdinah-14719259001.swf

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh keterampilan dasar mengajar, (2) pengaruh kesesuaian gaya mengajar dengan gaya belajar, (3) pengaruh gender, (4) pengaruh minat belajar, (5) pengaruh peran keluarga terhadap prestasi belajar ekonomi siswa SMA di Kabupaten Sleman, dan (6) pengaruh keterampilan dasar mengajar, kesesuaian gaya mengajar dengan gaya belajar, gender, minat belajar, dan peran keluarga secara bersama-sama terhadap prestasi belajar ekonomi siswa SMA di Kabupaten Sleman. Jenis penelitian ini adalah associative causal dengan pendekatan ex-post facto. Jumlah sampel 400 siswa SMA kelas XI jurusan IPS ditentukan dengan menggunakan teknik proportionate stratified random sampling. Data diperoleh melalui angket dengan skala Likert. Pengujian validitas dilakukan dengan expert judgement dan Confirmatory Factor Analysis (CFA), uji reliabilitas menggunakan Cronbach’s Alpha. Analisis data menggunakan teknik statistik Regresi Berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) keterampilan dasar mengajar berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar, (2) kesesuaian gaya mengajar dengan gaya belajar berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar, (3) gender berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar (4) minat belajar tidak berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar (5) peran keluarga tidak berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar. (6) keterampilan dasar mengajar, kesesuaian gaya mengajar dengan gaya belajar, gender, minat belajar dan peran keluarga secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: keterampilan dasar mengajar, gaya mengajar, gaya belajar, minat belajar, peran keluarga dan prestasi belajar.
Subjects: Ilmu Sosial > Ekonomi > Ekonomi
Divisions: Program Pascasarjana > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 05 Oct 2016 08:24
Last Modified: 09 May 2019 07:42
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/42021

Actions (login required)

View Item View Item