TINGKAT KEMAMPUAN MOTORIK SISWA PESERTA EKSTRAKURIKULER SEPAKTAKRAW DI SMP NEGERI 2 GODEAN SLEMAN YOGYAKARTA

Kornalius, Kornalius (2016) TINGKAT KEMAMPUAN MOTORIK SISWA PESERTA EKSTRAKURIKULER SEPAKTAKRAW DI SMP NEGERI 2 GODEAN SLEMAN YOGYAKARTA. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI _ KORNALIUS _ 12601249002.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh belum adanya penetapan strategi latihan dan penempatan posisi yang tepat bagi siswa pada permainan sepaktakraw sesuai dengan kemampuan motoriknya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar tingkat kemampuan motorik siswa peserta ekstrakurikuler sepaktakraw di SMP Negeri 2 Godean Sleman Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Metode yang digunakan adalah survei. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa peserta kegiatan ekstrakurikuler sepaktakraw di SMP Negeri 2 Godean sebanyak 18 siswa. Instrumen yang digunakan adalah barrow motor ability test yang dikutip oleh Nur Hasan (2004: 6.8) yang terdiri atas: standing broad jump, soft ball throw, zig-zag run, wall pass, medicine ball put, dan lari 60 yard dash. Teknik Analisis data menggunakan analisis deskriptif persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan motorik siswa diketahui bahwa berada pada kategori sangat tinggi sebanyak 2 siswa (11,11%), berada pada kategori tinggi sebanyak 3 siswa (16,67%), berada pada kategori sedang sebanyak 6 siswa (33,33%), berada pada kategori kurang sebanyak 5 siswa (27,78%), dan berada pada kategori sangat kurang sebanyak 2 siswa (11,11%). Jadi, dapat disimpulkan bahwa kemampuan motorik siswa peserta ekstrakurikuler sepaktakraw di SMP Negeri 2 Godean Sleman Yogyakarta mayoritas berada pada kategori sedang (33,33%).

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Motorik, Siswa, Ekstrakurikuler Sepaktakraw
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi (PJKR)
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 05 Oct 2016 07:24
Last Modified: 30 Jan 2019 11:13
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/42016

Actions (login required)

View Item View Item