Analisis Dimensi Kognitif Berdasarkan Taksonomi Bloom Di revisi oleh Anderson Dan Krathwohl Pada Pelajaran Biologi Materi Ekosistem SMAN di Madiun Ditinjau Dari Lokasi Sekolah. Tesis. Yogyakarta: Program Pascasarjana, Universitas Negeri Yogyakarta

Yuliakah, Siti (2016) Analisis Dimensi Kognitif Berdasarkan Taksonomi Bloom Di revisi oleh Anderson Dan Krathwohl Pada Pelajaran Biologi Materi Ekosistem SMAN di Madiun Ditinjau Dari Lokasi Sekolah. Tesis. Yogyakarta: Program Pascasarjana, Universitas Negeri Yogyakarta. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-siti-yulaikah-14725251024.swf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persentase tingkat ketercapaian dimensi proses dan pengetahuan kognitif biologi siswa kelas X di Daerah Madiun dan mengetahui perbedaan persentase tingkat ketercapaian dimensi proses dan pengetahuan kognitif biologi siswa kelas X di Daerah Madiun ditinjau berdasarkan lokasi sekolah. Penelitian ini merupakan penelitian survei deskriptif. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa di kelas X-IPA SMAN di wilayah Kota Madiun dan wilayah Kabupaten Madiun tahun pelajaran 2015/2016. Pengambilan sekolah yang dijadikan sampel penelitian menggunakan kriteria tinggi, sedang dan rendah. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik puposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan intrumen tes dimensi kognitif yang terdiri dari butir pilihan ganda serta uraian dan instrumen non tes yang terdiri dari angket keterlaksanaan proses pembelajaran, telaah rencana pelaksanaan pembelajaran, dan angket penguasaan metakognitif siswa. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan QUEST untuk melihat kesuaian butir tes baik pilihan ganda maupun uraian terkait reliabilitas, kecocokan item (fit) dengan model, tingkat kesulitan item, serta program BILOG MG dan PARSCALE untuk mengetahui grafik ICC, fungsi informasi dan SEM. Sedangkan untuk mengetahui perbedaan antara ketercapaian wilayah Kota dan Kabupaten dilakukan uji prasyarat yaitu uji normalitas dan uji homogenitas selanjutnya dilakukan uji independent sample T test. Berdasarkan hasil analisis menggunakan uji independent sample T test menunjukkan adanya perbedaan ketercapaian dimensi kognitif wilayah kota dan wilayah kabupaten Madiun dengan nilai signifikansi sebesar 0,000. Wilayah kota cenderung menunjukkan aspek kognitif yang lebih tinggi dibandingkan dengan wilayah kabupaten, sedangkan perencanaan pembelajaran yang dilakukan oleh guru menunjukkan perbedaan capaian indikator yang dikembangkan. Pada sekolah di wilayah kota sudah mulai merencanakan aspek C4, sedangkan wilayah Kabupaten perencanaan pembelajaran menunjukkan aspek C3 untuk meningkatkan capaian proses pembelajaran. Berdasarkan penguasaan metakognitif siswa menunjukkan adanya perbedaan untuk wilayah perkotaan tertinggi pada aspek declaratif knowledge (DK) sebesar 25%-35% sedangkan pada wilayah kabupaten menunjukkan aspek debbuging strategis (DS) sebesar 25-35%.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Analisis, Dimensi Kognitif, Pembelajaran Biologi, Lokasi Sekolah
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Biologi
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 05 Oct 2016 07:55
Last Modified: 09 May 2019 07:42
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/42015

Actions (login required)

View Item View Item