HUBUNGAN ANTARA KEBIASAAN MENYIMAK BERITA DAN MEMBACA SURAT KABAR DENGAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS BERITA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 PAKEM

Hafida Indradini, Risa (2016) HUBUNGAN ANTARA KEBIASAAN MENYIMAK BERITA DAN MEMBACA SURAT KABAR DENGAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS BERITA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 PAKEM. S1 thesis, Fakultas Bahasa dan Seni.

[img]
Preview
Text
Skripsi_Risa Hafida Indradini_PBSI_12201241034.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan menguji dan mendeskripsikan (1) hubungan antara kebiasaan menyimak berita dengan kemampuan menulis teks berita siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Pakem, (2) hubungan antara kebiasaan membaca surat kabar dengan kemampuan menulis teks berita siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Pakem, dan (3) hubungan antara kebiasaan menyimak berita dan membaca surat kabar secara bersama-sama dengan kemampuan menulis teks berita siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Pakem. Penelitian ini merupakan penelitian ex post facto jenis korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Pakem dengan jumlah 128 siswa. Sampel penelitian sejumlah 64 siswa yang ditentukan dengan teknik cluster random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dengan skala Likert dan tes. Uji instrumen dilakukan dengan telaah ahli dan Alpha Cronbach. Angket yang digunakan masing-masing sejumlah 30 butir soal untuk kebiasaan menyimak berita dan kebiasaan membaca surat kabar. Uji prasyarat analisis menggunakan uji normalitas, linearitas, dan multikolinearitas. Teknik analisis data menggunakan teknik korelasi Product Moment dan korelasi ganda dengan bantuan program IBM SPSS 22. Berdasarkan analisis data, hasil penelitian ada tiga. Pertama, terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara kebiasaan menyimak berita dengan kemampuan menulis teks berita siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Pakem dengan nilai rhitung lebih besar daripada rtabel (0,610 > 0,246) dan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05. Kedua, terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara kebiasaan membaca surat kabar dengan kemampuan menulis teks berita siswa Kelas VIII SMP di Negeri 1 Pakem dengan nilai rhitung lebih besar daripada rtabel (0,530 > 0,246) dan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05. Ketiga, terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara kebiasaan menyimak berita dan membaca surat kabar secara bersama-sama dengan kemampuan menulis teks berita siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Pakem dengan nilai rhitung lebih besar daripada rtabel (0,646 > 0,246) dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Admin Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FBS
Date Deposited: 05 Oct 2016 04:35
Last Modified: 05 Oct 2016 04:35
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/42009

Actions (login required)

View Item View Item